Kompas.com - 13/04/2021, 15:51 WIB
Minum kopi tetap aman dilakukan di bulan puasa, namun usahakan mengurangi porsinya dan dilakukan setelah makan. PIXABAY/KABOOMPICSMinum kopi tetap aman dilakukan di bulan puasa, namun usahakan mengurangi porsinya dan dilakukan setelah makan.

KOMPAS.com - Kopi sering kali diandalkan untuk membuat kita tetap segar dan terjaga.

Kandungan kafein dalam setiap jenis kopi berbeda. Namun, kafein secara umum merupakan stimulan alami bagi sistem saraf pusat yang bisa menghasilkan efek bahagia, berenergi, hingga kewaspadaan.

Bagi peminum kopi, menghentikan konsumsi minum kopi rasanya berat. Tapi, amankah dan bolehkah minum kopi di bulan puasa?

Terkait hal ini, dr Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK dari RS Pondok Indah, Pondok Indah menjelaskan, orang-orang yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi sebetulnya boleh saja melanjutkan untuk megnonsumsinya selama bulan puasa.

Namun, untuk menghindari masalah, seperti pada perut, lambung atau dehidrasi, dianjurkan untuk mengurangi porsinya.

"Apabila biasa mengonsumsi kopi sebanyak dua sendok teh, dapat dikurangi menjadi satu sendok teh," kata Tirta melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

 

Jika tidak merasakan efek samping dari konsumsi kopi selama bulan puasa, maka kita bisa menerapkan pola konsumsi kopi seperti biasa.

Hanya saja, tentu kita tidak bisa mengonsumsinya di pagi atau siang hari.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Setiap Hari

Waktu minum kopi

Kopi dapat menyebabkan efek diuresis atau peningkatan produksi urin.

Meskipun ini juga bergantung pada jumlah dan jenis kopi, Tirta menyarankan untuk tidak mengonsumsinya di waktu sahur karena berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan tubuh dehidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X