Kompas.com - 13/04/2021, 16:14 WIB
Bvlgari Octo Finissimo Tadao Ando BvlgariBvlgari Octo Finissimo Tadao Ando
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Spiral adalah salah satu simbol tertua dalam budaya manusia. Pola berulang yang terus berlanjut sering dianggap mewakili umur panjang, spiritualitas, dan bahkan waktu itu sendiri.

Bila spiral adalah salah satu simbol waktu, maka alat penunjuk waktu tertua bagi manusia adalah bulan, dengan fase yang berubah secara teratur, sehingga membentuk dasar bagi banyak sistem kalender.

Nah, pembuat perhiasan dan jam Bvlgari memberi penghormatan kepada kedua penanda waktu ini dengan rilis terbarunya, yang dibuat dalam kolaborasi dengan arsitek Jepang Tadao Ando.

Bvlgari Octo Finissimo Tadao AndoBvlgari Bvlgari Octo Finissimo Tadao Ando
Tadao Ando dikenal piawai memanfaatkan cahaya secara kreatif dalam karya arsitekturalnya. Ia selalu mencari bentuk murni, termasuk ketika mendesain jam tangan Bvlgari ini.

Hasilnya adalah jam tangan Octo Finissimo dengan desain dial minimalis namun penuh arti.

Bisa dibilang Bvlgari Octo Finissimo Tadao Ando yang dibuat terbatas ini merupakan koleksi yang berbeda dari arloji Bvlgari lainnya.

Octo Finissimo Tadao Ando memiliki casing berukuran 40 mm yang memiliki beberapa sudut dan dibuat memakai keramik hitam sandblasted.

Warna hitam yang lembut, rata, dan sedikit padam ini memberikan gaya yang tenang dan kalem pada keseluruhan jam tangan.

Namun bagian paling unik adalah dialnya yang berhias motif spiral, dengan jarum-jarum penunjuk berwarna hitam pekat. Dalam pemahamannya terhadap waktu, Tadao Ando menjadikan spiral itu sebagai simbol black hole, tempat lahirnya waktu.

Pola spiral hitam ini berputar dari jarum detik kecil untuk melambangkan aliran waktu yang tak berujung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X