Kompas.com - 14/04/2021, 04:00 WIB

KOMPAS.com - Bintik-bintik hitam di wajah atau yang dikenal sebagai age spots cenderung muncul seiring bertambahnya usia.

Meskipun bintik-bintik hitam lebih mudah dikenali pada orang yang memiliki kulit lebih terang, namun orang dengan kulit yang lebih gelap juga bisa mendapatkannya.

"Bintik-bintik ini tidak dapat kita rasakan karena bentuknya datar dan biasanya terletak di area wajah, leher, dada, punggung, lengan, maupun kaki yang terpapar sinar matahari."

Demikian penuturan dokter spesialis kulit di Sona Dermatology di Washington, DC., Adekemi Akingboye.

Menurutnya, bintik-bintik hitam ini jarang terjadi pada orang yang berkulit gelap, terutama di populasi Asia, Hispanik, dan Latin.

Baca juga: Kulit Orang Asia Rentan Alami Flek Hitam di Wajah

Memang, seiring bertambahnya usia, pigmen kulit kita dapat berubah. Tetapi, penyebab utama munculnya bintik-bintik hitam pada kulit itu disebabkan oleh paparan sinar matahari dari waktu ke waktu.

"Jika kita tinggal di tempat yang tidak ada sinar matahari seperti gua mungkin kita tidak akan mendapatkannya," terang seorang dokter spesialis kulit, Heather Woolery-Lloyd, MD.

"Bintik-bintik hitam ini disebabkan karena paparan sinar matahari kronis selama bertahun-tahun," sambung dia.

Melakukan perawatan di rumah

Ada banyak sekali produk yang dijual bebas untuk digunakan dalam mengatasi bintik-bintik hitam di rumah.

Dokter Woolery-Lloyd merekomendasikan agar kita menggunakan hydroquinone sebagai senyawa pencerah kulit yang memiliki kemampuan untuk memudarkan bintik hitam.

Baca juga: Pakai Tabir Surya Terlalu Sedikit, Gwyneth Paltrow Dikritik

Selain itu, dia juga menyarankan beberapa bahan seperti vitamin C, retinol, asam glikolat, asam salisilat, licorice, kedelai, niacinamide, dan teh hijau untuk memudarkan bintik hitam.

Kendati demikian, sebelum memulai perawatan apapun, ia merekomendasikan kita agar selalu berkonsultasi dengan dokter kulit, membaca petunjuk produk, dan perhatikan iritasi dari salah satu produk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.