Kompas.com - 15/04/2021, 06:21 WIB
Ilustrasi memasak. FREEPIK/SENIVPETROIlustrasi memasak.

KOMPAS.com - Kemandirian adalah hal yang wajib dimiliki saat berkuliah di luar negeri. Salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai adalah memasak untuk diri sendiri.

Kita tahu bahwa media sosial sedang membicarakan soal Putri Tanjung, putri konglomerat Chairul Tanjung yang mengaku masak dan mencuci sendiri selama kuliah di Amerika Serikat.

Banyak pro maupun kontra akan ujarannya ini. Sebagian mencemooh, sebagian lagi merasa kagum.

Banyak yang beranggapan jika hal itu tidak istimewa. Sudah sewajarnya seseorang memasak sendiri untuk memenuhi kebutuhannya, kata mereka.

Sebaliknya, adapula yang menganggap jika tindakan staf khusus presiden ini menunjukkan niatannya untuk lebih mandiri. Terlebih lagi ia terbiasa hidup nyaman selama di tanah air.

Memasak memang menjadi salah satu skill yang dibutuhkan jika ingin menjalani studi di luar negeri.

Namun memang kebanyakan anak muda belum bisa memasak ketika baru memulai kuliahnya.

Terlebih lagi jika selama ini terbiasa hidup bersama orangtua sehingga tak perlu memasak sendiri.

Masyarakat Indonesia juga dimudahkan dengan banyaknya penjual makanan di sekitar sehingga bisa membelinya kapan saja.

Kemudahan ini tidak akan begitu saja kita jumpai di negara lain. Khususnya negara seperti Eropa dan Amerika Serikat yang kerap jadi tujuan belajar anak muda Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X