Kompas.com - 18/04/2021, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Kesedihan mendalam tentu sangat dirasakan oleh Ratu Elizabeth II karena kehilangan suami yang telah bersamanya selama 73 tahun.

Hal ini terlihat jelas ketika Ratu Elizabeth hendak mengikuti kebaktian upacara pemakaman Pangeran Philip di Kapel St. George, Kastil Windsor pada Sabtu (17/4/2021) siang.

Setibanya di kapel, saat masih berada di dalam mobil, Ratu Elizabeth tampak membetulkan letak maskernya sambil menyeka air mata.

Dengan pakaian serba hitam yang dilengkapi topi dan masker berwarna senada, wajah Ratu Elizabeth tampak suram ketika keluar mobil.

Kesedihan semakin terpancar dari wajahnya kala wanita berusia 94 tahun itu harus mengikuti kebaktian kematian suaminya seorang diri karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Makna Kalung Mutiara Kate Middleton di Pemakaman Pangeran Philip

Ratu Elizabeth bisa dikatakan jarang berbicara tentang kehidupan rumah tangganya dan sosok Pangeran Philip.

Kendati demikian, pasangan yang menikah pada November 1947 itu saling mendukung. Hal ini ditunjukkan oleh Pangeran Philip saat penobatan Ratu Elizabeth.

Kala itu Pangeran Philip bersumpah untuk menjadi "bawahan" hidup dan anggota tubuh Ratu Elizabeth yang menunjukkan kesetiaan serta dukungannya.

Menurut penulis biografi kerajaan dan Prince Philip Revealed, Ingrid Seward, pasangan ini memang tegolong unik.

"Hanya mereka yang tahu bagaimana rasanya menjadi mereka,” kata Seward.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.