Kompas.com - 11/04/2021, 08:00 WIB
Pangeran Philip melepas gelar keturunan Yunani dan menjadi warga negara Inggris sebelum menikah dengan Putri Elizabeth ketika itu. TERRY O'NEILL via BBC INDONESIAPangeran Philip melepas gelar keturunan Yunani dan menjadi warga negara Inggris sebelum menikah dengan Putri Elizabeth ketika itu.

KOMPAS.com - Julukan "strength and stay", alias kekuatan dan tonggak, yang diberikan Ratu Elizabeth II pada Pangeran Philip, bukannya tanpa alasan.

Pria yang menjadi suaminya selama 73 tahun ini menghabiskan hidupnya dengan mendukungnya memerintah Kerajaan Inggris.

Meski tak punya posisi resmi, Philip Mountbatten punya peran penting pada jalannya pemerintahan monarki ini selama puluhan tahun.

Sebagai mantan perwira angkatan laut, Pangeran Philip sebenarnya punya kualitas dan kepribadian yang amat layak memimpin.

Namun ia menepi demi memberikan dukungan penuh pada istrinya ketika naik tahta berpuluh tahun silam.

Perilaku Pangeran Philip ini bisa menjadi contoh bagi banyak pria lainnya di dunia. Meski mendukung penuh karier pasangan, pria bisa tetap menjadi suami yang dihargai.

Pria keturunan bangsawan Yunani ini menunjukkan bentuk nyata kesetaraan gender, jauh sebelum isu ini ramai digaungkan. Toh pernikahannya terbukti awet hingga ia tutup usia pada Jumat (09/04/2021) waktu Inggris.

Baca juga: Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth, Kisah Cinta Membentang 73 Tahun

Terinspirasi dari kisah hidupnya, setidaknya ada tiga hal yang bisa kita contoh dari kakek Pangeran Harry ini yakni:

  • Tidak terintimidasi dengan karier pasangan

Ketika Ratu Elizabeth naik tahta pada 1952, Pangeran Philip terpaksa harus meninggalkan karier militernya. Ia kemudian berstatus sebagai Queen's Consort alias pendamping ratu dalam berbagai aktivitasnya.

Status ini mungkin dianggap remeh bagi sebagian orang, apalagi untuk mantan perwira yang pernah memimpin pasukan dalam perang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X