Kompas.com - 18/04/2021, 21:26 WIB
Motif batik Kawung pada blus wanita dari Uniqlo. UNIQLOMotif batik Kawung pada blus wanita dari Uniqlo.

KOMPAS.com – Menggunakan batik saat ini tidak terbatas pada gaya klasik dan formal. Busana bergaya modern dan kasual pun kini sudah banyak yang menggunakan batik atau motif batik.

Salah satunya adalah koleksi batik yang dikeluarkan oleh merek busana siap pakai asal Jepang, Uniqlo. Untuk koleksi batik Spring/Summer 2021, Uniqlo bekerja sama dengan desainer Bai Soemarlono.

Dalam siaran pers yang dikirimkan, disebutkan bahwa peluncuran koleksi ini menjadi salah satu upaya untuk menggeser citra batik dari pakaian formal ke arah aksesibel dan versatile.

Bai yang merupakan cofounder Populo Batik, memilih motif batik tertentu yang memiliki arti universal pada sederet kemeja pria dan blus wanita Uniqlo.

Baca juga: Uniqlo Membuka Toko Terbesarnya di Indonesia

“Kami ingin semua motif batik pada koleksi ini dapat digunakan di berbagai aktivitas sehari-hari, seperti untuk bekerja di kantor, work from home, bahkan untuk sekadar grocery shopping di sekitar lingkungan rumah,” kata Bai.

Kemeja pria Uniqlo dengan berbagai motif batik.UNIQLO Kemeja pria Uniqlo dengan berbagai motif batik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada koleksi blus wanita, Bai memilih motif batik Kawung pada tiga blus berpotongan longgar dengan bentuk tangan bervolume.

Motif batik Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan.

Sementara itu untuk koleksi pria ditampilkan beragam jenis batik dengan arti masing-masing yang bernuansa optimistis, salah satunya motif Tales atau Taro, yaitu tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati. Motif ini dapat diartikan sebagai harapan yang juga simbol cinta.

Baca juga: Bandara Internasional Yogyakarta Memaksimalkan Motif Kawung

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sanskerta berarti kesejahteraan yang kondusif atau kemakmuran, keberuntungan yang baik, dan spiritualitas, dalam Hinduisme.

Motif lain yang dipakai dalam kemeja pria berwarna-warna tanah ini adalah motif parang, kubus, sisik ikan, dan motif bunga lotus, dengan berbagai pesan yang sarat kebijaksanaan.

Penggunaan bahan katun dalam koleksi ini membuatnya terasa sejuk dipakai dan juga tidak mudah kusut, sehingga cocok untuk udara tropis.

Seluruh koleksi ini tidak hanya tersedia di Uniqlo Indonesia, tetapi juga Malaysia.

Baca juga: Mengenal Budaya Indonesia lewat 10 Sentra Batik di Pulau Jawa



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.