Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniqlo Indonesia Luncurkan Koleksi Batik

KOMPAS.com – Menggunakan batik saat ini tidak terbatas pada gaya klasik dan formal. Busana bergaya modern dan kasual pun kini sudah banyak yang menggunakan batik atau motif batik.

Salah satunya adalah koleksi batik yang dikeluarkan oleh merek busana siap pakai asal Jepang, Uniqlo. Untuk koleksi batik Spring/Summer 2021, Uniqlo bekerja sama dengan desainer Bai Soemarlono.

Dalam siaran pers yang dikirimkan, disebutkan bahwa peluncuran koleksi ini menjadi salah satu upaya untuk menggeser citra batik dari pakaian formal ke arah aksesibel dan versatile.

Bai yang merupakan cofounder Populo Batik, memilih motif batik tertentu yang memiliki arti universal pada sederet kemeja pria dan blus wanita Uniqlo.

“Kami ingin semua motif batik pada koleksi ini dapat digunakan di berbagai aktivitas sehari-hari, seperti untuk bekerja di kantor, work from home, bahkan untuk sekadar grocery shopping di sekitar lingkungan rumah,” kata Bai.

Pada koleksi blus wanita, Bai memilih motif batik Kawung pada tiga blus berpotongan longgar dengan bentuk tangan bervolume.

Motif batik Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan.

Sementara itu untuk koleksi pria ditampilkan beragam jenis batik dengan arti masing-masing yang bernuansa optimistis, salah satunya motif Tales atau Taro, yaitu tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati. Motif ini dapat diartikan sebagai harapan yang juga simbol cinta.

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sanskerta berarti kesejahteraan yang kondusif atau kemakmuran, keberuntungan yang baik, dan spiritualitas, dalam Hinduisme.

Motif lain yang dipakai dalam kemeja pria berwarna-warna tanah ini adalah motif parang, kubus, sisik ikan, dan motif bunga lotus, dengan berbagai pesan yang sarat kebijaksanaan.

Penggunaan bahan katun dalam koleksi ini membuatnya terasa sejuk dipakai dan juga tidak mudah kusut, sehingga cocok untuk udara tropis.

Seluruh koleksi ini tidak hanya tersedia di Uniqlo Indonesia, tetapi juga Malaysia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/18/212618620/uniqlo-indonesia-luncurkan-koleksi-batik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke