Kompas.com - 20/04/2021, 17:50 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.

KOMPAS.com - Kartu kredit ada untuk memudahkan kita melakukan berbagai transaksi hingga menjadi lebih praktis.

Ketika sedang berada di luar negeri misalnya, tanpa harus menukar uang ke mata uang setempat, kita bisa membayar menggunakan kartu kredit.

Atau, ketika barang/jasa yang harus kita bayarkan harganya relatif besar sehingga merepotkan saat harus membawa dana tunai. Kartu kredit bisa amat membantu.

Baca juga: Penting, Bersihkan Bakteri pada Uang dan Kartu Kredit

Kendati demikian, dengan segala kemudahan yang ada, kartu kredit harus digunakan secara bijak, karena tagihan bulanan bisa membengkak jika tak dikontrol. 

Selain itu, ada pula beberapa kondisi berbahaya, di mana kita sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran.

1. Belanja di situs web yang tidak diawali dengan https

Jika situs yang kita kunjungi tidak menggunakan format "https" di awal domain, artinya situs tersebut tidak aman. Hindari membayar apa pun dengan kartu kredit di situs web tersebut.

"Https adalah protokol untuk komunikasi yang aman melalui jaringan komputer yang banyak digunakan di internet."

Demikian penjelasan Robert McKee, pengacara dan profesional privasi internasional bersertifikat.

"Tujuan utamanya adalah otentikasi situs web yang dikunjungi, dan perlindungan privasi serta integritas data yang dipertukarkan."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X