Kompas.com - 22/04/2021, 20:39 WIB
ilustrasi makan shutterstockilustrasi makan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menatap layar perangkat elektronik menjadi kebiasaan banyak orang saat ini.

Karena aktivitas di luar rumah terbatas akibat pandemi, orang cenderung terpaku pada layar ponsel atau tablet untuk menonton atau bermain.

Kebiasaan menatap layar ini juga dilakukan oleh anak-anak yang harus mengikuti pembelajaran secara virtual. Setelah sekolah online selesai, anak menonton film kartun di televisi atau YouTube.

Pada akhirnya, kebiasaan tersebut memengaruhi aktivitas fisik, kesehatan, dan pola makan anak.

Menurut EurekAlert!, satu studi menunjukkan, menatap layar dalam waktu lama akan berpengaruh terhadap kebiasaan makan anak.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk menatap layar, kebiasaan makan anak akan makin tidak sehat.

Studi yang dimuat ke dalam Journal of Clinical Medicine ini melibatkan lebih dari 3.800 anak dan remaja berusia antara 8-16 tahun di 245 sekolah di Spanyol.

Tim peneliti berusaha melihat tiga hal dari anak dan keluarganya, yaitu aktivitas fisik, gaya hidup, dan faktor kegemukan atau obesitas.

Mereka mengungkap, anak dan remaja yang sering menatap layar cenderung mengalami peningkatan konsumsi makanan yang tidak sehat seperti cokelat, permen, dan makanan cepat saji.

Sebaliknya mereka jadi mengurangi makan buah-buahan, sayuran, legume, kacang-kacangan, dan ikan yang biasa dipilih dalam diet sehat Mediterania.

Latar belakang pendidikan orangtua turut memengaruhi kebiasaan makan anak, di mana orangtua kemungkinan tidak memahami informasi gizi makanan dan pentingnya gizi bagi anak.

Oleh karena itulah, para ahli menyarankan agar keluarga memperhatikan kebiasaan makan yang sehat untuk mengurangi risiko obesitas pada anak-anak.

Anak-anak juga dianjurkan sering melakukan aktivitas fisik, seperti bermain di luar, dan tidak bermain dengan gadget atau laptop terus menerus.

Baca juga: Sisi Positif dan Negatif Anak Bermain Ponsel



Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X