Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2017, 21:13 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Era serba teknologi ini kerap membuat anak tak mau lepas dari gadgetnya. Seolah tak mengenal waktu, anak-anak lebih sering tenggelam pada layar smartphone dibanding bermain di luar bersama teman-temannya.

Memang tak semua yang ada di dalam gadget bersifat negatif, ada juga yang justru memberikan pelajaran dan pengetahuan pada anak. Misalnya menghafal lagu-lagu daerah, belajar mengenal bahasa asing dan sebagainya.

Namun, menurut psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi, tetap harus ada pengertian yang ditanamkan pada anak bahwa bermain gadget ada aturan mainnya. Jangan sampai anak seolah asyik sendiri dengan gadgetnya dan kurang melakukan aktivitas sosial.

"Berikan pemahaman kepada anak bahwa bermain gadget ada batasan waktunya," kata pria yang akrab disapa Kak Seto ini.

Kak Seto yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia menuturkan, ketika orang tua memutuskan untuk memberikan gadget pada anak, maka orang tua juga harus memiliki komitmen soal aturan jadwal memainkannya.

Baca: Memberi Anak Ponsel Sama dengan Memberinya Kokain

Orang tua harus memberi pengertian bahwa ada waktu-waktu tertentu dalam penggunaan gadget. Misal, gadget hanya diberikan selama beberapa menit setelah anak selesai menyelesaikan tugas sekolahnya. Atau berikan anak gadget ketika ia membutuhkan informasi yang ingin diketahuinya melalui internet, tentunya dengan pengawasan dari orang tua.

"Main gadget harus ada aturannya, jangan sampai kebablasan, orang tua harus mengawasinya juga," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com