BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Avian

Meningkatkan Kecerdasan Anak lewat Imajinasi

Kompas.com - 29/04/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya DONOT6_STUDIOIlustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya

KOMPAS.com – Banyak cara bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak. Salah satunya dengan mengasah daya imajinasi anak.

Seperti diketahui, anak memiliki imajinasi tak terbatas. Mereka selalu asyik bermain dengan dunianya sendiri. Misalnya saja, menyulap balok kayu persegi panjang sebagai kereta api.

Kemampuan imajinasi tersebut perlu dikembangkan saat anak memasuki usia emas pertumbuhan. Pasalnya, dengan berimajinasi, anak sedang mengasah kreativitas dan kemampuan kognitif.

Imajinasi juga berperan penting bagi perkembangan psikologis dan emosional, serta dapat membantu mereka dalam memahami dunia.

Menurut Direktur The Institute for Neuro-Physiological Psychology Sally Goddard Blythe, mengasah daya imajinasi anak akan memberikannya kemampuan untuk memecahkan masalah ketika ia dewasa.

“Imajinasi dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, menciptakan ide baru, sudut pandang baru, dan berpikir kritis terhadap berbagai hal yang ada dalam hidupnya," ujar Sally seperti dikutip dari telegraph.co.uk, Jumat (29/6/2018).

Tugas orangtua adalah membantu anak agar imajinasi yang mereka miliki dapat berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi dan mengembangkan daya imajinasi anak.

Hindari melarang anak

Sering melarang anak dapat berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas, terutama saat mereka masih berada dalam masa pertumbuhan.

Pada usia dini, otak anak, termasuk daya imajinasi, berada dalam tahap perkembangan. Mereka ingin mengeksplorasi lebih banyak lingkungan sekitarnya.

Hal ini kerap terlihat dari cara anak mempertanyakan berbagai hal atau melakukan kegiatan yang baru bagi mereka.

Oleh karena itu, biarkan mereka berkembang dengan kreativitas masing-masing. Dibanding melarangnya, akan lebih baik jika orangtua mampu mengarahkan mereka pada hal positif.

Selain itu, anak yang terlalu sering dilarang juga akan mengalami kesulitan dalam berekspresi. Hal tersebut membuatnya cenderung menjadi pribadi yang minder dan tidak percaya diri.

Ajak ke tempat baru

Pada akhir pekan ataupun hari libur, Anda bisa mengajak anak untuk mengunjungi berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi. Misalnya, kebun binatang, taman, arena bermain, museum, dan pasar tradisional.

Di tempat baru tersebut, si kecil akan melihat, mengetahui, merasakan, dan mempelajari hal baru yang akan memperkaya pengalamannya.

Dengan begitu, pengetahuan anak akan bertambah luas dan daya imajinasinya pun meningkat.

Bermain peran

Selain membantu mengembangkan kemampuan verbal, sosial, dan emosional, bermain peran sebagai tokoh karakter di luar dirinya dapat membantu anak mengembangkan imajinasi dan empati terhadap orang lain.

Tak hanya itu, permainan tersebut juga dapat membantu mereka untuk membangun kepercayaan diri. Dengan demikian, anak akan berani menjadi apa pun yang mereka inginkan.

Ketika anak berpura-pura menjadi orang lain, di saat bersamaan mereka sedang melatih beberapa keterampilan, seperti kerja sama, negosiasi, kolaborasi, dan tanggung jawab.

Ciptakan suasana kamar yang mendukung

Menciptakan kamar tidur yang nyaman dan sesuai karakter anak dapat membantu mengembangkan imajinasinya. Anda dapat merangsang kreativitas anak dengan menempelkan hasil karya do it yourself (DIY ) yang telah ia buat.

Selain itu, tambahkan juga dekorasi berupa gambar di dinding yang dipadukan dengan warna cat punya kemampuan menyala dalam gelap (glow in the dark).

Konsep interior seperti ini akan membuat kamar anak tampak playful.
Cat glow in the dark dapat membantu anak berimajinasi serta membayangkan hal baru dan menyenangkan.

Pasalnya, cat tersebut mampu menyala atau berpendar dalam suasana gelap. Akan lebih menyenangkan jika Anda membuat dekorasi, seperti bintang di langit atau pemandangan alam yang dilintasi oleh aurora, menggunakan cat tersebut.

Untuk membuat dekorasi, Anda dapat menggunakan salah satu cat terbaru dari Avian Brands seri Disney, yakni cat dengan spesial efek HomeDeco Glow in the Dark.

Produk HomeDeco Glow in the Dark merupakan salah satu dari cat Avian Brands seri Disney untuk memenuhi kebutuhan desain interior kamar anak. HomeDeco Glow in the Dark hadir dalam varian warna Spring Green.

Produk tersebut dapat digunakan pada semua substrate atau media interior dan mudah diaplikasikan.

Untuk pengaplikasiannya, Anda perlu menempelkan stensil terlebih dahulu dengan menggunakan masking tape pada area dinding yang ingin dicat.

Setelah itu, gunakan roller dan aplikasikan pada stensil secara merata. Pada tahap ini, pastikan tidak ada cat yang meluber ke bagian dalam stensil.

Ulangi dua sampai tiga kali agar hasil lebih sempurna. Semakin tebal HomeDeco Glow in the Dark, semakin lama dan terang saat gelap.

Selain HomeDeco Glow in the Dark, Anda juga bisa mengaplikasikan varian lain dari cat Avian Brands seri Disney tersebut, yakni cat dengan spesial efek HomeDeco Glitz, HomeDeco Magnetic, cat tembok Avitex 4kids, dan Everglo Kids Care.

Untuk informasi lebih lanjut terhadap semua produk cat Avian Brands seri Disney, silahkan kunjungi tautan ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.