Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 11:44 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Putri Indonesia 2020, Rr Ayu Maulida Putri mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Malam final Miss Universe digelar di Seminole Hard Rock Hotel & Casino pada Minggu (16/5/2021) malam waktu Hollywood atau Senin (17/5/2021) pagi waktu Indonesia.

Meski langkahnya terhenti di 21 besar, namun Ayu sudah membuat bangga Indonesia. Salah satunya dengan mengenakan kostum komodo dalam rangkaian Miss Universe 2020.

Melalui akun Instagramnya, Ayu menjelaskan bahwa kostum bertajuk "Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage" itu merupakan kolaborasi dari desainer Diana M Putri dari Diana Couture dan desainer aksesori Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

"Komodo adalah kadal terberat di dunia. Eksistensinya selama jutaan tahun membuat komodo sering disebut sebagai "tautan terakhir dari dinosaurus prasejarah"," tulisnya melalui akun Instagram @ayumaulida97.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rr. Ayu Maulida Putri, S.H. (@ayumaulida97)

Baca juga: Wakil Meksiko Andrea Meza Jadi Pemenang Miss Universe 2020

Untuk kostum ini, Diana Putri memilih Sequin 3D hitam dan emas yang dapat dibalik untuk gaunnya sehingga dapat menciptakan efek mewah, misterius, dan liar, menyerupai kesan seekor komodo.

Bagian 3D pada dada dan ekor yang dramatis dibuat dari bahan kulit menggunakan metode laser cutting dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai komodo asli.

Sementara efek 3D pada ekor ditegaskan dengan boning melalui balen.

Untuk menambah kesan elegan, kostum tersebut juga menggunakan dasar korset agar lebih menegaskan sosok Ayu.

Semua manik-manik yang ada pada kostum ini dibuat menggunakan tangan, sementara semua pelat logam dijahit dengan tangan.

Sementara itu, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo memilih tiga jenis logam berbeda untuk digabungkan menjadi satu. Jenis logam tersebut adalah rustic gold, tembaga/perunggu, dan black gold untuk menciptakan efek ombre pada gaun.

Di antara semua aspek rumit dalam gaun ini, aspek mekatronika adalah yang paling rumit, di mana headpiece komodo buatan tangan yang digunakan ayu berkaitan dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik, dan mikrokontroler.

Sedangkan kalung dan sarung tangan yang menyala dibuat dengan pengontrol LED.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rr. Ayu Maulida Putri, S.H. (@ayumaulida97)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com