Kompas.com - 20/05/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXSIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo kerap menyebutkan literasi digital adalah kunci untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan.

Kita dianjurkan untuk belajar lebih jauh cara menggunakan teknologi agar lebih bermanfaat dan berguna.

Sekarang mungkin kita sudah terbiasa menggunakan teknologi di kehidupan sehari-hari namun penguasannya masih terbatas. Namun literasi digital adalah kemampuan yang lebih dalam daripada itu.

Kita dianjurkan untuk tidak hanya menjadi pengguna namun juga sebagai operator.

Baca juga: Jokowi: Pembangunan Literasi Digital Kerja Besar, Pemerintah Tak Bisa Sendiri

Bukan hanya mampu mengirim surel atau menggunakan media sosial, literasi digital berarti memiliki keterampilan perangkat lunak praktis seperti membuat blog, membuat kode situs web, atau aplikasi.

Selain itu, ada beberapa tema yang amat penting dipahami ketika kita berusaha melek dengan dunia digital. Misalnya saja perundungan siber, internet safety, digital foot prints, etika menggunakan sumber daya online dan plagiarisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

10 Fakta Penting Soal Literasi Digital Berdasarkan UNICEF

Para orangtua diharapkan dapat mengajari anaknya soal literasi digital secara menyeluruh. Bukan hanya mengaplikasikannya, namun juga memahami bahaya serta tindakan pencegahan yang dibutuhkan oleh penggunaan teknologi.

Baca juga: Refleksi Hari Pendidikan Nasional: Jangan Abaikan Akselerasi Literasi

Sayangnya para orangtua sendiri banyak yang belum melek literasi digital. Berbeda dengan anak yang terlahir sebagai digital native, kebanyakan dari kita lahir di era ketika penggunaan komputer dan internet masih sangat minim.

Untuk memastikan anak mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan di masa depan, kita sebagai orangtua perlu belajar lebih banyak soal pentingnya melek digital.

Bukan hanya sebagai pengguna akhir media sosial namun juga memahami cara kerjanya, siapa yang dapat melihatnya, dan jejak digital yang ditinggalkan.

Baca juga: Ayo Orangtua, Ajak Anak Manfaatkan Teknologi Digital dengan Benar

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.