Kompas.com - 21/05/2021, 11:34 WIB

KOMPAS.com - Setelah olahraga berat atau karena cedera, banyak dari kita bergantung pada kompres es untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada otot yang berdenyut.

Tetapi sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa icing mengubah lingkungan molekuler di dalam otot yang cedera dan mendatangkan dampak negatif, dan justru memperlambat penyembuhan.

Penelitian ini memang menggunakan tikus sebagai bahan eksperiman -bukan manusia. Namun temuannya diyakini berguna untuk memberi pandangan baru. 

Disebutkan, riset ini membuktikan bahwa mengompres otot dengan es setelah olahraga berat bukan hanya tidak efektif; namun bisa menjadi kontraproduktif.

Baca juga: Sakit Kepala Terasa Mengganggu, Coba Atasi dengan Kompres Es Batu

Es memang dikenal bisa membekukan area yang terkena dampak, menghilangkan rasa sakit, dan mencegah pembengkakan serta peradangan.

Kondisi itulah yang diyakini oleh banyak atlet dapat membantu menyembuhkan otot yang sakit lebih cepat.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan olahraga mulai membuang pemahaman itu.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2011, terungkap, mereka yang mengompres otot betis yang robek merasakan sakit kaki yang sama di kemudian hari, seperti mereka yang membiarkan kaki tanpa kompres.

Mereka pun tetap tidak dapat kembali bekerja atau aktivitas lain dengan lebih cepat.

Tinjauan ilmiah tahun 2012 menyimpulkan, atlet yang mengompres otot yang sakit setelah latihan berat, justru mengalami pemulihan otot lebih lambat daripada yang tak melakukan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber NY Times


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.