Kompas.com - 21/05/2021, 20:57 WIB
Gejala asam urat terkadang mirip dengan beberapa penyakit lain. SHUTTERSTOCK/THAMKCGejala asam urat terkadang mirip dengan beberapa penyakit lain.

KOMPAS.com - Gout atau penyakit asam urat adalah kondisi ketika kadar asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi.

Diagnosis asam urat tak selalu mudah. Sebab, ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala mirip asam urat dan tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kesalahan diagnosis.

Gejala asam urat yang mungkin muncul seperti rasa nyeri yang intens dan tiba-tiba, menyerang di tengah malam, dan terutama memengaruhi sendi di kaki dan jempol kaki.

Namun, gejala asam urat tak selalu pasti. Menurut laman Creaky Joints, sekitar 25 persen pasien asam urat merasakan nyeri di beberapa sendi tetapi jari kaki bukan salah satunya.

Ahli reumatologi bahkan menganggap asam urat sebagai "peniru" hebat karena gejalanya bisa begitu mirip dengan kondisi lain.

Masalahnya, diagnosis yang keliru bisa menunda pasien mendapatkan pengobatan yang tepat.

Diagnosis perlu dilakukan oleh dokter. Namun, beberapa penyakit dengan gejala mirip asam urat antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pseudogout

Namanya saja sudah mirip dengan gout atau penyakit asam urat. Namun, pseudogout bukanlah gout.

Pseudogout dikenal sebagai calcium pyrophosphate (CPP) crystal deposition disease atau penyakit pengendapan kristal CPP.

Baik pseudogout maupun gout terjadi ketika ada kristal yang mengendap di satu atau lebih persendian, sehingga menyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X