Kompas.com - 16/06/2021, 12:27 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Jerawat yang muncul di wajah sebelum momen istimewa bisa merusak mood dan mengganggu penampilan.

Kehadiran jerawat menjelang saat-saat penting sebelum kencan pertama, wawancara kerja atau pernikahan bisa terasa bagaikan mimpi buruk. Harapan untuk tampil sempurna dengan wajah glowing dan flawless rasanya mustahil diwujudkan.

Upaya untuk menghilangkannya dalam waktu sekejap, seperti mengompres atau memencetnya, seringkali malah memicu masalah tambahan.

Dr. Purvisha Patel, dokter kulit bersertifikat di London, Inggris mengatakan jerawat adalah infeksi mikro kecil pada folikel rambut.

"Anda mungkin tidak bisa 'menghilangkan' jerawat dalam semalam, tetapi Anda bisa membuatnya terlihat jauh lebih baik, sehingga tampak hilang," katanya seperti dikutip dari laman Elle.

Baca juga: Cara Atasi Bengkak Jerawat dalam Semalam

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa langkah yang mungkin bisa memberikan hasil agar kulit menjadi lebih baik:

Jerawat biasanya disebabkan oleh klusi folikel, pertumbuhan mikroba, produksi sebum (atau penambahan minyak pada kulit), dan peradangan. Kenali pangkal masalahnya dan gunakan kandungan yang tepat untuk menangkalnya.

"Cara paling umum untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan produk benzoil peroksida, belerang, minyak tea tree atau asam salisilat sebelum Anda tidur," kata Dr. Patel.

Berbagai bahan tersebut berfungsi membunuh mikroba dan mengeringkan minyak di wajah. Hasilnya, jerawat akan terlihat lebih kecil keesokan harinya.

Jika memilikinya, dianjurkan pula menggunakan obat jerawat yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Elle
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.