Kompas.com - 24/11/2020, 08:04 WIB
Secangkir teh Kunyit dengan lemon dan jahe. Manfaat untuk mengurangi peradangan dan detoks hati. SHUTTERSTOCK/CozineSecangkir teh Kunyit dengan lemon dan jahe. Manfaat untuk mengurangi peradangan dan detoks hati.

KOMPAS.com – Produk perawatan kulit yang mengadung retinol dan asam salsilat bukan satu-satunya solusi mengatasi jerawat.

Ada minuman tertentu yang apabila rutin dikonsumsi dapat memiliki efek yang sama. Minuman apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Teh matcha

Minuman yang satu ini kaya dengan antioksidan. Salah satunya epigallocatechin gallate (EGCG) yang membantu melawan oksidasi sebum sebelum jerawat terbentuk.

Antioksidan pada teh matcha 137 kali lebih banyak dibanding teh hijau biasa. Oleh karenanya rutin minum teh matcha dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan dari dalam ke luar.

Baca juga: Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Mencegah Jerawat Muncul

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Teh kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang telat terbukti memberikan banyak manfaat karena sifat anti-inflamasi, antivirus, antioksidan, dan antijamur.

Dalam Ayurveda, kurkumin digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta kondisi internal dan eksternal tubuh.

Menambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke air panas untuk diminum dapat memberikan manfaat penyembuhan jerawat.

Baca juga: Benarkah Kunyit Manjur Atasi Masalah Jerawat?

3. Susu kefir

Halaman:


Sumber Byrdie
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.