Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2018, 06:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit jugs dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit.

Penggunaan kunyit pada banyak produk kecantikan seperti masker diklaim mampu membantu mengatasi jerawat. Namun, benarkah penggunaan kunyit untuk jerawat terbilang ampuh?

Kunyit merupakan tanaman asli Asia yang memiliki warna khas yakni kuning-oranye. Dalam pengobatan India maupun Tiongkok, kunyit banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dari mulai gangguan pencernaan hingga radang sendi.

Pengobatan tradisional juga menggunakan kunyit untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti ruam popok, psoriasis, dan jerawat. Lantas, apa sebenarnya yang terkandung dalam kunyit?

Kunyit mengandung salah satu komponen aktif yang bernama kurkumin. Bahan yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat termasuk memiliki sifat antiradang.

Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan sifat antipenuaan yang bisa digunakan untuk mengobati radang sendi, diabetes, dan penyakit Alzheimer.

Baca juga: Temuan Baru, Kunyit Ternyata Ampuh Atasi Masalah Kepikunan

Meskipun kunyit termasuk salah satu obat herbal yang paling banyak diteliti, tetapi masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk melihat kandungan kunyit beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk jerawat.

Apakah ampuh menggunakan kunyit untuk jerawat?

.VIA THINKSTOCK .
Dalam hal mengatasi jerawat, kunyit termasuk salah satu bahan alami yang cukup dikenal dan dipercaya ampuh untuk masalah kulit yang satu ini. Kandungan kurkumin sebagai zat antiradangnya dipercaya berperan penting dalam mengusir jerawat.

Jerawat yang meradang disebabkan oleh bakteri Propionibacteria acnes (P. acnes). Dikutip dari Verywellhealth, penelitian yang dilakukan di laboratorium pada kulit hewan, kurkumin memang mampu membunuh bakteri P. acnes jauh lebih baik dibandingkan dengan obat jerawat asam azelaic.

Namun, karena penelitian dilakukan pada kulit hewan maka tidak selalu berarti hal yang sama juga akan terjadi jika diterapkan pada kulit manusia.

Untuk itu, masih dibutuhkan berbagai penelitian lanjutan yang meneliti khusus efek kunyit pada kulit manusia untuk memerangi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, meskipun kunyit dan kurkumin memiliki sifat antiradang, tetapi belum terbukti secara ilmiah mampu membantu membersihkan jerawat. Namun, beberapa ahli menyatakan kunyit bisa membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang menghitam.

Akan tetapi, peneliti menemukan fakta bahwa penggunaan kunyit untuk jerawat yang dipakaikan langsung ke kulit dapat menyebabkan dermatitis kontak.

Beberapa orang bisa saja mengalami kulit kemerahan, gatal, dan melepuh saat menggunakan kunyit langsung ke seluruh wajah. Sehingga penting untuk diingat, meskipun kunyit merupakan bahan alami tetapi bukan tidak mungkin kulit akan bereaksi negatif.

Baca juga: Konsumsi Kunyit Berlebihan Justru Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com