Kompas.com - 16/06/2021, 13:06 WIB
Mimpi pasangan selingkuh memang terasa menyedihkan. Namun, cobalah mencari tahu makna yang mungkin tersirat dari mimpi tersebut. FREEPIK/JCOMPMimpi pasangan selingkuh memang terasa menyedihkan. Namun, cobalah mencari tahu makna yang mungkin tersirat dari mimpi tersebut.

KOMPAS.com - Mimpi sering dikatakan sebagai "bunga tidur". Meski kita tahu mimpi bukanlah kenyataan, namun sering kali apa yang hadir di mimpi terasa begitu nyata.

Salah satu mimpi yang membuat seseorang bisa merasa khawatir ketika terbangun adalah mimpi pasangan selingkuh.

Sebagian orang langsung mencurigai pasangannya karena mendapat mimpi tersebut, sementara sebagian lainnya memilih mengabaikannya.

Lalu, mimpi pasangan selingkuh artinya apa, sih?

Faktanya, kita sebetulnya tak perlu terlalu khawatir ketika mimpi pasangan selingkuh. Ternyata, ini adalah salah satu mimpi buruk yang paling umum dialami.

Melansir Bustle, hampir satu dari empat orang di Amerika bermimpi tentang selingkuh atau ditipu.

Meski pengkhianatan terasa tak menyenangkan, namun itu tidak menunjukkan tanda-tanda jelas apapun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mimpi bukanlah sebuah prediksi melainkan metafora dan simbol atas konflik atau kondisi yang sedang kita alami, pahami, dan selesaikan."

Demikian diungkapkan oleh pakar hubungan dan psikoterapis Dr Fran Walfish.

Ia menambahkan, bagaimana perasaan kita dalam mimpi sering kali adalah kunci yang menggambarkan perasaan kita di kehidupan nyata.

Ketika mimpi pasangan selingkuh, misalnya, penting untuk merenungkan dan mencoba mengidentifikasi sumber perasaan itu. Sebab, mengidentifikasi perasaan dapat mengungkapkan banyak hal tentang keadaan emosi kita.

Pada akhirnya, mungkin saja kita menemukan mimpi itu ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan pasangan kita.

Beberapa kemungkinan arti mimpi pasangan selingkuh antara lain:

1. Memiliki masalah kepercayaan

Mimpi tentang pasangan yang tidak setia bisa saja menggambarkan bahwa di kehidupan nyata kita sedang berjuang menghadapi ketakutan tentang hubungan yang dijalani atau masalah kepercayaan secara umum.

Pelatih ilmu tidur bersertifikasi, Chris Brantner menjelaskan, mimpi buruk dihipotesiskan sebagai bentuk pelepasan emosional.

Jadi, mimpi pasangan selingkuh kemungkinan berkaitan dengan ketakutan mendalam yang kita hadapi.

"Mungkin itu ketakutan nyata tentang kecurangan atau bentuk ketidakpercayaan yang lebih abstrak," ucapnya.

Masalah kepercayaan bisa datang dari berbagai bentuk. Jadi, ketika kepercayaan dalam hubungan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, penting untuk memeriksa bagian lain dari hidup kita yang rentan terhadap masalah kepercayaan atau kejujuran.

"Bisa jadi itu juga berhubungan dengan kepercayaan terhadap diri kita sendiri," tambah Brantner.

Baca juga: 8 Alasan Utama Mengapa Pasanganmu Bisa Selingkuh


2. Memendam perasaan besar lain dalam hubungan

Meski terasa mengerikan, namun mimpi pasangan selingkuh bisa membantu kita memproses perasaan ketika sedang kesal, stres atau beradaptasi dengan perubahan hidup.

Mimpi pasangan selingkuh mungkin hanyalah simbol untuk perjuangan atau stres lainnya yang kita alami di keseharian bersama pasangan.

Mimpi itu sendiri juga bisa menjadi cara bagi otak untuk menghadapi naik-turunnya emosi dan perubahan pada hubungan.

Menurut Brantner, beberapa ahli percaya bahwa mimpi bisa menjadi cara bagi otak untuk mempersiapkan momen sulit yang bakal kita hadapi di dunia nyata.

"Kita bisa menganggap mimpi sebagai terapi semalam," katanya.

3. Sedang merasa dikhianati

Pengkhianatan dan rasa sakit yang kita rasakan ketika mimpi pasangan berselingkuh bisa terasa sangat mendalam.

Memerhatikan perasaan yang muncul ketika mendapatkan mimpi tersebut sangatlah penting. Namun, kita juga harus ingat bahwa itu bisa saja menunjukkan masalah yang terjadi di luar hubungan.

"Ketika mimpi pasangan selingkuh dan merasa dikhianati, terluka atau marah, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah di kehidupan saat ini kita sedang merasa dikhianati atau terluka," kata Walfish.

Cobalah menganalisa perasaan tersebut terhadap kehidupan nyata secara keseluruhan dan jangan terbatas pada hubungan dengan pasangan saja.

Mimpi pasangan selingkuuh juga bisa saja menunjukkan adanya situasi lain di dalam hidup yang membuat kita merasa dikhianati atau frustrasi.

Baca juga: Tak Berarti Jorok, Ini 8 Arti Mimpi tentang Seks

4. Komunikasi dengan pasangan perlu diperbaiki

Ketika mimpi pasangan selingkuh, bisa saja itu menunjukkan pentingnya komunikasi yang lebih kuat dengan pasangan atau perlu lebih saling terbuka tentang banyak hal.

Menurut konsultan kesehatan dan kesejahteraan, Caleb Backe, mimpi pasangan selingkuh bisa menjadi indikasi bahwa kepercayaan dalam hubungan kita memburuk," katanya.

Jika memang demikian, cobalah untuk memperbaiki cara berkomunikasi dengan pasangan sesegera mungkin alih-alih terus menundanya sehingga muncul permasalahan lainnya dan menimbulkan ketegangan dalam hubungan.

Misalnya, kita mungkin akan mulai stres dan khawatir tentang hal-hal yang sebenarnya tidak ada daripada menyelesaikan masalah yang sudah jelas terlihat dengan cara yang dewasa.

Alasan utama mengapa orang-orang berselingkuh di kehidupan nyata sering kali diperparah dengan kurangnya komunikasi. Jadi, anggaplah mimpi ini sebagai tanda untuk lebih terbuka dengan pasangan.

Backe menegaskan, komunikasi adalah fondasi paling penting dalam hubungan apapun.

"Jika mimpi dapat membantu mengidentifikasi masalah pribadi kita, cobalah berbicara dengan pasangan lebih sering dan sejujur mungkin untuk menjaga hubungan yang sehat," tuturnya.

Halaman:


Sumber Bustle
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X