Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 10:19 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Champ, anjing peliharaan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mati di usia 13 tahun.

Anjing berjenis German Shepherd itu tutup usia di rumah keluarga Biden di Wilmington, Delaware. Beberapa bulan kesehatannya memang dikabarkan terus menurun karena faktor usia.

Berita duka itu diumumkan Gedung Putih melalui pernyataan resmi yang disampaikan melalui media sosial termasuk Twitter.

"Hati kami berat hari ini karena kami memberi tahu Anda semua bahwa German Shepherd tercinta kami, Champ, mati dengan damai di rumah," demikian pernyataan yang dibuat oleh orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Ia menambahkan, Champ merupakan pendamping setia keluarganya selama 13 tahun belakang dan dipuja oleh seluruh keluarga Biden.

Baca juga: Tak Cuma Joe Biden, Anjingnya Juga Terima Inaugurasi ke Gedung Putih, Kenapa?

"Dia tidak menyukai apa pun selain meringkuk di kaki kami di depan api unggun di penghujung hari, bergabung dengan kami sebagai kehadiran yang menghibur dalam pertemuan, atau berjemur di taman Gedung Putih. Di masa mudanya, dia paling senang mengejar bola golf di halaman depan Naval Observatory atau berlomba untuk menangkap cucu-cucu kita saat mereka berlari di halaman belakang kita di Delaware."

Hewan tersayang itu disebut setia mendamping keluarga Biden dalam saat paling menyenangkan dan sedih, peka terhadap setiap perasaaan dan emosi yang tak terucapkan.

"We love our sweet, good boy and will miss him always.” tutupnya dalam rilis tersebut.

Champ dibeli dari peternakan anjing di Spring City, Pennsylvania saat masih berusia satu bulan pada tahun 2008 lalu.  Diberi nama Champ, terinspirasi dari nama panggilan Biden yang diberikan oleh mendiang ayahnya.

Baca juga: Joe Biden Bawa Satu Perabotan Unik ke Gedung Putih, Apa Itu?

Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden bersama dua anjing peliharaannya, Major dan Champ.Hasil tangkap layar moms.com Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden bersama dua anjing peliharaannya, Major dan Champ.

Kehadirannya adalah pemenuhan janji Jill Biden yang mengatakan suaminya boleh memelihara anjing jika telah memenangkan pemilihan presiden bersama Obama.

Biden memang dikenal sebagai penggemar anjing ras gembala ini sejak kecil.

Champ lalu diajak pindah ke Number One Observatory Circle, rumah dinas wakil presiden AS pada 2009. Ia menjadi salah satu hewan favorit staf kepresidenan karena perilakunya yang menggemaskan.

Anjing ini juga ikut dalam berbagai kampanye Biden pada 2020 lalu untuk merebut kursi presiden AS.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Anjing Peliharaan Kita Merasa Dicintai

 

Bersama dengan Major, anak anjing berusia tiga tahun yang baru diadopsi, kedua hewan ini sukses menarik perhatian publik Amerika yang dikenal menyukai anjing.

Biden lalu memulihkan tradisi kepresidenan dengan membawa Champ dan Major tinggal bersamanya di Gedung Putih setelah era Trump yang tidak memelihara hewan. Di sana, Champ sempat menghabiskan hari-hari tuanya sampai akhirnya tutup usia.

Selamat jalan, Champ!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com