Kompas.com - 25/06/2021, 08:52 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Gubernur Jawa Barat saat meninjau tempat inap dan hotel serta kontrakan yang digunakan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19, Kamis (24/6/2021). KOMPAS.COM/FARIDABupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Gubernur Jawa Barat saat meninjau tempat inap dan hotel serta kontrakan yang digunakan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19, Kamis (24/6/2021).

KOMPAS.com - Individu terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan dan sangat ringan dapat menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ketika hendak melakukan isolasi mandiri di rumah, setidaknya ada dua alat yang perlu kita miliki. Menurut dr Paulus Arka Triyoga, SpP, Dokter Spesialis Paru dari Eka Hospital Cibubur, dua alat tersebut adalah termometer dan pulse oximeter.

"Sekarang sudah mencari rumah sakit karena sedang penuh banget, sebaiknya minimal ada temperatur suhu jadi tau apakah demam atau tidak," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Sementara pulse oximeter dapat membantu mengecek saturasi oksigen, terutama jika individu yang terkonfirmasi positif memiliki gangguan respiratorik, seperti batuk atau napas berat.

"Kalau sudah di bawah 93-95 persen itu peringatan," katanya.

Baca juga: Covid-19 Varian Delta Menyebar, Ingat Lagi Tata Cara Isoman yang Tepat

Penting untuk melapor

Meski saat ini kapasitas banyak rumah sakit penuh karena tingginya kasus Covid-19, bukan berarti kita tak perlu melapor jika terkonfirmasi positif Covid-19 dan bisa langsung melakukan isolasi mandiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Isolasi mandiri dilakukan setelah terlebih dahulu melapor ke tenaga medis setempat.

Selain dilakukan sebagai bagian dari tracing atau penelusuran kontak erat, melapor juga membuat seseorang bisa mendapatkan anjuran terapi dan penanganan yang tepat jika menunjukkan gejala Covid-19.

"Kalau gejala ringan boleh kok enggak minum obat, multivitamin juga bisa."

"Tapi kalau ada keluhan, sebaiknya kami diberi kabar. Kalau batuk, ditambah obat batuk. Kalau pilek, ditambah obat pilek," ucap Arka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.