Kompas.com - 28/06/2021, 18:43 WIB
Ilustrasi jamu kunyit asam. Dok. Shutterstock/Tantri SetyoriniIlustrasi jamu kunyit asam.

KOMPAS.com - Tidak cuma dijadikan rempah-rempah untuk makanan, kunyit juga dikenal selama berabad-abad akan manfaat kesehatannya.

Karena sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya, kunyit semakin populer selama pandemi Covid-19 guna mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, tidak semua orang tahu bahwa asupan kunyit yang berlebihan bisa menjadi masalah besar dan menyebabkan beberapa efek samping.

Mengurangi penyerapan zat besi

Memang kunyit dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu banyak, kunyit bisa mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Baca juga: Cara Membuat Bubuk Kunyit, Bikin untuk Stok di Rumah

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari untuk menghasilkan hemoglobin, yang merupakan protein merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dalam darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kunyit termasuk dalam makanan yang dapat menurunkan penyerapan zat besi hingga 20 persen hingga 90 persen, tergantung asupannya.

Ini terjadi karena kualitas stoikiometri kunyit yang membantunya mengikat semua zat besi yang dapat diserap dan menyebabkan kekurangan zat besi.

Kurkumin, bahan aktif utama dalam kunyit dapat mengikat besi besi untuk membentuk kompleks besi-kurkumin.

Senyawa ini juga mampu menghambat sintesis hepcidin, peptida yang bertanggung jawab untuk keseimbangan zat besi dalam tubuh. Semua faktor ini bersama-sama menyebabkan kekurangan zat besi.

Baca juga: 7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.