Kompas.com - 12/07/2021, 13:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Wortel merupakan salah satu sayuran akar paling populer yang sangat bergizi dan baik dikonsumsi untuk kesehatan mata.

Nah ternyata sayuran berwarna cerah ini juga mengandung banyak antioksidan penangkal radikal bebas yakni karotenoid, polifenol, dan vitamin.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan adalah senyawa nabati yang dapat menetralisir efek radikal bebas penyebab kerusakan sel, peradangan, serta kanker.

Dengan tingkat antioksidan wortel yang tinggi, salah satu efek mengesankan dari mengonsumsi sayuran ini adalah manfaatnya melawan kanker.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

Mencegah kanker

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan wortel dapat memainkan peran utama dalam pencegahan kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat, leukemia, dan kanker paru-paru.

Hubungan asupan wortel dengan pencegahan kanker mungkin disebabkan karena ketersediaan hayati dua karotenoid (alfa karoten dan beta karoten), yang merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan tinggi.

Wortel yang dimasak mengandung dua karotenoid tingkat tinggi yakni 3.723 mikrogram alfa karoten dan 9.771 mikrogram beta karoten.

Sebenarnya, antioksidan bekerja melalui beberapa mekanisme.

Tetapi, pada akhirnya, antioksidan bertindak untuk memodulasi stres oksidatif yang disebabkan oleh aktivitas metabolisme normal serta faktor gaya hidup seperti merokok, olahraga, dan diet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.