Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Suplemen untuk Jaga Kebugaran Seperti Para Selebritas?

Kompas.com - 15/07/2021, 18:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kini banyak suplemen vitamin yang menjanjikan produknya adalah solusi bagi semua kebutuhan tubuh kita, terutama kebugaran.

Sejumlah selebritas Hollywood seperti Jennifer Lopez dan Gwyneth Paltrow bahkan ikut nempromosikan suplemen vitamin sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat.

Lantas, apakah suplemen vitamin benar-benar dapat memberi kita lebih banyak energi, sistem kekebalan yang lebih kuat, dan membuat kulit tampak bercahaya?

Seorang ahli nutrisi dan penulis buku This is Your Brain on Food, Dr Uma Naidoo, MD mengatakan bahwa banyak selebritas yang bekerja sama dengan ilmuwan dan perusahaan terkemuka untuk menghasilkan suplemen yang seimbang.

Namun, konsumen mungkin salah mengartikan bahwa bugarnya tubuh seorang selebritas diperoleh melalui produk yang mereka dukung.

Baca juga: Tak Pernah Botox, Apa Rahasia Kulit Kencang J.Lo?

"Jika kita melihat lebih dekat gaya hidup selebritas, mereka banyak melakukan pendekatan holistik terhadap kesehatan seperti diet sehat, olahraga dengan pelatih khusus, atau menghilangkan alkohol dari diet mereka," terangnya.

Naidoo juga menunjukkan bahwa ada situasi tertentu di mana suplemen vitamin mungkin perlu untuk ditambahkan ke dalam rutinitas sehari-hari.

"Suplemen tambahan mungkin bisa diberikan kepada orang-orang yang terkena dampak dari polusi, mengalami stres, insomnia atau sulit tidur, dan faktor lainnya," jelasnya.

"Selain itu, suplemen juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang alergi makanan tertentu atau memiliki kondisi medis yang menyebabkannya kekurangan vitamin," lanjut dia.

Oleh karena itu, suplemen tambahan mungkin hanya akan diperlukan untuk mengisi kesenjangan nutrisi dan membantu individu memenuhi angka kecukupan gizi setiap harinya.

"Suplemen tidak pernah menjadi pengganti diet sehat," tegasnya.

Baca juga: 5 Suplemen Ini Bantu Membuat Umur Lebih Panjang, Apa Saja?

"Sama seperti kita tidak bisa berolahraga dengan pola makan yang buruk, kita juga tidak bisa hanya mengandalkan suplemen tetapi pola makan buruk," ungkap dia.

Terlepas dari semua itu, Naidoo menyarankan agar kita selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan suplemen vitamin ke dalam rutinitas sehari-hari.

Sebab, dokter lebih memahami tentang apa yang dibutuhkan tubuh kita daripada selebritas favorit kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com