Kompas.com - 20/07/2021, 09:37 WIB
Kantor Johnson & Johnson di AS shutterstock.comKantor Johnson & Johnson di AS

KOMPAS.com - Perusahaan Johnson & Johnson menarik lima produk tabir surya atau sunscreen di pasar Amerika Serikat (AS).

Penarikan tersebut dilakukan setelah ditemukan kandungan benzena tingkat rendah dan zat-zat karsinogen dalam produk-produk itu.

Awalnya, Valisure -sebuah laboratorium independen, yang memperingatkan keberadaan benzena dalam produk Johnson & Johnson.

Baca juga: Benzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

The Guardian memberitakan,dalam sebuah laporan yang dirilis pada bulan Mei, Valisure mencatat 27 persen sampel mengandung benzena yang dapat dideteksi.

Selain itu, beberapa batch juga mengandung hingga tiga kali batas konsentrasi yang dibatasi oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.

Adapun sunscreen itu semuanya dikemas dalam kaleng aerosol, termasuk empat semprotan yakni Neutrogena–Beach Defense, CoolDry Sport, Invisible Daily Defense and UltraSheer, dan tabir surya Protect + Refresh dari Aveeno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produk-produk tersebut juga didistribusikan ke seluruh negeri melalui berbagai pengecer.

"Karena sangat berhati-hati, kami menarik semua produk sunscreen aerosol khusus ini," kata pihak perusahaan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (14/7/2021) lalu.

Baca juga: Kena Kanker Kulit, Brooke Shields Kini Rajin Kenakan Tabir Surya

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), benzena adalah bahan kimia yang sangat mudah terbakar, tidak berwarna, memiliki bau yang manis, dan sering digunakan dalam berbagai produk.

Benzena banyak ditemukan dalam plastik, karet, pewarna, pestisida dan serat sintetis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X