Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiup Lilin Saat Ulang Tahun Berdampak Positif bagi Anak

Kompas.com - 22/07/2021, 13:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Acara tiup lilin dan memotong kue barangkali merupakan bagian yang paling ditunggu anak-anak di perayaan ulang tahunnya. Walau sederhana, ternyata tiup lilin berdampak positif bagi perkembangan diri anak.

Menurut psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi, kegiatan tiup liin dan juga membuat permohonan (make a wish) di hari ulang tahun akan membuat anak merasa istimewa dan berlimpah perhatian serta kasih sayang.

“Perasaan seperti ini penting bagi anak karena merupakan bagian fundamental yang memengaruhi bagaimana anak memandang dirinya dalam relasi dengan lingkungan sekitar, baik ketika mereka masih bertumbuh hingga dewasa nanti,” kata Ayoe dalam keterangan pers.

Menyambut Hari Anak Nasional pada 23 Juli, merek toko kue DORE melakukan kegiatan untuk membantu anak-anak dari Rumah Faye memiliki kenangan masa kecil lebih bermakna dengan berbagi kue ulang tahun.

Baca juga: Tips Beri Pujian Tanpa Bikin Anak Besar Kepala

Rumah Faye adalah sebuah rumah aman atau wadah bagi anak-anak Indonesia yang menjadi korban perdagangan, kekerasan seksual, dan prostitusi.

“Banyak anak-anak yang tidak merayakan ulang tahun mereka sebelum masuk ke Rumah Faye, bahkan mereka tidak tahu tanggal lahir mereka. Setelah berada di rumah aman, mereka akhirnya dapat merayakan ulang tahun bersama-sama secara sederhana bersama kami,” kata founder Rumah Faye, Faye Simanjuntak.

DORE Marketing Director & Founder, Riki Kono mengatakan, DORE akan mengirimkan kue ulang tahun bagi setiap anak yang berulang tahun di Rumah Faye agar mereka juga ikut merayakan ulang tahun lengkap dengan ritual tiup lilin dan make a wish.

Baca juga: Agar Anak Percaya Diri dan Memiliki Self-Esteem yang Baik

“DORÉ percaya bahwa pesta ulang tahun, tiup lilin dan make-a-wish memiliki makna tersendiri bagi anak-anak. Make-a-wish representasi dari harapan dan masa depan yang lebih baik, terlebih anak-anak di Rumah Faye adalah anak-anak telah dibebaskan dari ancaman kekerasan dan perdagangan anak,” kata Riki.

Ia menambahkan, DORE juga mengajak konsumennya untuk ikut andil menciptakan memori indah bagi anak-anak tersebut dengan cara membeli lilin ulang tahun di toko kue DORE yang harganya mulai dari Rp 12.000.

“Semua pendapatan yang didapatkan dari penjualan lilin ini akan didonasikan ke Rumah Faye, termasuk pengadaan kue ulang tahun anak-anak yang dibina oleh Rumah Faye,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com