Kompas.com - 26/07/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi kebutuhan nutrisi ibu menyusui Dok. Generasi Bersih dan SehatIlustrasi kebutuhan nutrisi ibu menyusui

KOMPAS.comVitamin C memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Bahkan, selama pandemi Covid-19, vitamin C menjadi salah satu suplemen yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas.

Selain itu, tahukah Anda kalau vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui (busui) ?  Perlu diketahui, vitamin C sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi yang mampu memperlancar produksi ASI.

Busui pun dapat terhindar dari anemia. Sebab, mengonsumsi 100 miligram (mg) vitamin C dengan makanan yang mengandung zat besi dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 67 persen.

Baca juga : Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Dengan rutin mengonsumsinya, secara tidak langsung kadar vitamin C dan antioksidan dalam ASi juga akan meningkat. Hal ini yang kemudian dapat meningkatkan produksi ASI dan dapat bermanfaat bagi si kecil.

Vitamin C juga dapat mencegah mastitis. Mastitis merupakan infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada aliran ASI. Bakteri ini dapat membuat ASI tersumbat dan menyebabkan bengkak pada payudara.

Sebagai informasi, ibu menyusui membutuhkan vitamin C sebanyak 100-120 mg setiap hari. Sayangnya, vitamin C tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Maka, diperlukan asupan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : 5 Buah Tinggi Vitamin C yang Membantu Penyerapan Zat Besi

Jika, Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) selama ini mengira buah jeruk mengandung vitamin C paling tinggi, itu hal yang kurang tepat. Sebab, masih banyak buah dengan kandungan vitamin C lebih tinggi mengalahkan jeruk yang dapat dikonsumsi busui dan anak. Ini daftarnya.

Jambu biji

Dengan berat 100 gram, jambu biji memiliki lebih dari 200 mg vitamin C. Ini hampir dua kali lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin K, B3, B6, pantotenat, tiamin, dan riboflavin yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung sekitar 90-100 mg vitamin C. Kandungan vitamin pada pepaya juga mampu meningkatkan daya tahun tubuh anak sehingga ia dapat tumbuh sehat dan tidak rentan terkena penyakit.

Kiwi

Dalam setiap 100 gram kiwi terkandung sekitar 92,7 mg vitamin C. Kiwi juga termasuk salah satu buah yang kaya vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.