Kompas.com - 29/07/2021, 10:48 WIB
Ilustrasi produk kecantikan ramah lingkungan SHUTTERSTOCK.com/SYDA PRODUCTIONSIlustrasi produk kecantikan ramah lingkungan

KOMPAS.com – Kecantikan yang berkelanjutan (sustainable beauty) yang diusung oleh beberapa merek besar ternyata disukai oleh konsumen dan tren ini diprediksi akan berlanjut.

Menurut laporan One Green Step Report yang diprakarsai oleh merek skin care Garnier, masyarakat global mulai memperhatikan tren sustainable beauty di tahun 2021 ini.

One Green Step Report sendiri adalah penelitian berskala besar yang mengungkap skala pergeseran masyarakat menuju tren kecantikan ramah lingkungan pada tahun 2021.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pandemi dan segala dampaknya di tahun 2020 meyakinkan orang-orang untuk lebih menjaga lingkungannya.

Data dalam laporan tersebut berasal dari survei terhadap lebih dari 18.000 orang di delapan negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Brasil, Jerman, India, dan beberapa negara lainnya, yang menanyakan pandangan dan resolusi responden terhadap keberlanjutan dan tujuan lingkungan.

Baca juga: Gaya Hidup Berkelanjutan, Selamatkan Bumi dan Sehatkan Tubuh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mari simak poin-poin menarik dari survei tersebut:

  • Responden di setiap negara yang disurvei menyatakan bahwa mereka cenderung membuat resolusi yang berfokus pada lingkungan, jika dibandingkan dengan resolusi di tahun sebelumnya.
  • Pengurangan kosumsi plastik menempati urutan pertama resolusi, sekitar 69 persen di mayoritas negara.
  • Lebih dari tiga perempat responden atau sekitar 78 persen, meyakini bahwa menjaga resolusi hijau menjadi lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan masa lalu, sementara India dan Arab menjadi negara paling optimis dalam mencapai resolusi ini, dengan jumlah masing-masing 91 dan 90 persen.
  • Tujuh puluh tiga persen responden di Britania Raya mengungkapkan bahwa mereka ingin lebih menghargai lingkungan di tahun 2021 ini.
  • Empat puluh satu persen responden yang sebelumnya mengatakan bahwa tahun lalu membuat mereka berpikir untuk peduli lingkungan, dengan Brasil memiliki responden terbanyak, sekitar 56 persen.
  • Delapan puluh dua persen responden berharap 2021 akan lebih positif daripada 2020, dengan 98 persen responden berasal dari Indonesia dan 94 persen responden India.
  • Empat puluh empat persen mengatakan Covid-19 telah membuat orang-orang lebih menyadari masalah lingkungan.

Di samping penelitian tersebut, Garnier juga meluncurkan beberapa komitmen lingkungan, seperti membagikan informasi daring terkait dampak dari emisi gas rumah kaca, dan kelangkaan air pada keanekaragaman hayati.

Perlu diingat, meski kita selalu mencoba untuk mendaur ulang limbah plastik, hanya ada sembilan persen yang benar-benar digunakan kembali. 

Baca juga: Peduli Bumi, 5 Brand Kosmetik Ini Menerima Sampah Sisa Produknya

 



Sumber allure
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.