Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
StratX Insight
Strategic & Experience

Konten StratX Insight adalah kolaborasi Kompas.com dan StratX

Sebuah ikhtiar bersama memberikan insight bagi Sahabat Kompas.com, terutama brand, pemilik usaha, entrepreneur, pengambil kebijakan perusahaan dan industri, serta siapa pun yang punya ketertarikan terhadap dunia usaha dan bisnis. 

StratX adalah bagian dari Kompas Gramedia (KG), hadir untuk mengungkap potensi dan menghadirkan pertumbuhan kinerja bagi para pelaku dan pemilik usaha.

Perempuan di Masa Pandemi: Skincare Wajah Tetap Ada di Daftar Belanja Wanita, Mengapa?

Kompas.com - 30/07/2021, 15:42 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KULIT wajah yang sempurna adalah impian dan dambaan hampir semua wanita. Terlihat sehat, segar, dan cantik menjadi tujuan dari mereka menggunakan berbagai produk skincare.

Pandemi bukan halangan buat perempuan untuk terus merawat kulit wajahnya. Walau lebih banyak berada di rumah saja, perawatan kulit wajah tetap jalan terus.

Insight ini diketahui dari riset yang kami lakukan, dengan 227 ibu rumah tangga, 354 mahasiswi, 432 perempuan pekerja, dan 140 perempuan belum bekerja sebagai responden.

Terkait penggunaan produk skincare, mahasiswi serta perempuan pekerja dan yang belum bekerja adalah golongan yang menggunakan produk skincare lebih banyak.

Baca juga: Karena Skincare adalah Investasi...

 

Lalu, apa yang membuat mereka tetap rutin melakukan perawatan kulit wajah? 

Sejumlah insight kami dapatkan dari riset ini, yang juga dapat menjadi catatan dan tolok ukur bagi brand di sektor industri ini. Apa sajakah itu?

Masalah kulit wajah tidak berhenti karena pandemi

Bagi para perempuan, masalah kulit wajah tidaklah berhenti karena ada pandemi. Lebih banyak berada di rumah tidak membuat masalah kulit wajah perempuan tiba-tiba jadi tak ada. 

Deretan masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan kulit kusam adalah alasan para perempuan tetap menggunakan produk skincare meski lebih banyak menjalankan aktivitas di rumah saja selama pandemi. 

Jerawat, misalnya, tidak melulu disebabkan oleh kotoran, debu, atau polusi di luar rumah. Stres yang bahkan meningkat selama pandemi pun merupakan salah satu sebab jerawat awet nempel di wajah.

Yang menarik, kelompok responden berlatar belakang ibu rumah tangga dalam riset ini, menjadikan masalah kulit kusam sebagai persoalan utama dari kulit wajahnya.

Dari semua persoalan tersebut, para perempuan ingin punya kulit wajah yang sehat, bukan semata hendak tampak cantik karena perawatan. 

Karenanya, mengetahui kandungan dalam setiap produk skincare jadi perhatian para perempuan ini. 

Sadar kandungan produk skincare

Riset kami mendapati pula bahwa ibu rumah tangga, mahasiswi, serta perempuan pekerja dan yang belum bekerja sepakat bahwa vitamin C adalah kandungan yang harus ada dalam produk skincare yang mereka gunakan.

Vitamin C berfungsi sebagai pencerah kulit wajah. Ini mengindikasikan perempuan menginginkan kulit wajahnya sehat dan cerah.

Lalu apakah ada kemungkinan mereka juga tahu kandungan zat lain yang mereka butuhkan ada dalam produk skincare? Ini hasil risetnya:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com