Kompas.com - 03/08/2021, 13:31 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain bola thinkstock/saiyoodIlustrasi anak-anak bermain bola

KOMPAS.com - Kesetaraan gender telah melalui perjalanan yang sangat panjang, namun tetap membutuhkan jalan yang lebih panjang lagi.

Apalagi, baru-baru ini, sebuah studi di Amerika Serikat (AS) menemukan, masih banyak orangtua yang percaya jika anak laki-laki lebih baik atau jago dalam olahraga daripada anak perempuan.

Nah, kepercayaan ini sangat penting bagi orangtua untuk memahami kalau anak-anaknya, baik laki-laki atau perempuan, dapat mencapai apa pun sesuai dengan impian mereka, dengan tekad, dedikasi, serta kerja keras.

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Reproduksi bagi Anak Laki-Laki Agar Punya Empati

Anak-anak perempuan juga mampu melakukan hal-hal hebat dalam olahraga jika itu adalah hasrat mereka, dan begitu pula dengan anak laki-laki.

Penelitian yang dilakukan oleh Philip Veliz dari University of Michigan School ini juga menunjukkan, stereotip gender dan standar ganda masih ada dalam peran orangtua.

Untuk menyelesaikan studi, para peneliti melakukan survei terhadap lebih dari 3.000 anak laki-laki dan perempuan berusia antara 7-17 tahun, serta orangtua atau wali mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti pun terkejut ketika menemukan, 32 persen peserta di seluruh AS percaya, anak laki-laki lebih baik dalam olahraga daripada anak perempuan.

Mereka juga menemukan, orangtua dari anak-anak yang belum pernah berolahraga sebelumnya merasa bahwa anak perempuan tidak sekompetitif anak laki-laki.

Philip mengungkapkan, keyakinan semacam inilah yang mungkin memicu seksualisasi berlebihan pada atlet perempuan.

Baca juga: 9 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Anak Perempuan

Penelitian tersebut juga memperlihatkan, 43 persen anak perempuan lebih mungkin tidak pernah bermain olahraga sebelumnya jika dibandingkan dengan 35 persen untuk anak laki-laki.

Halaman:


Sumber moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.