Kompas.com - 26/08/2021, 16:17 WIB
Ilustrasi ras anjing Pomeranian. PIXABAY/FUNEYESIlustrasi ras anjing Pomeranian.

KOMPAS.com – Memiliki keterikatan yang kuat dengan pemiliknya, ternyata anjing kerap merasa rindu jika kita tinggalkan. Karenanya, mengeluasnya sebelum kita keluar rumah dapat membantunya untuk tenang.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Pisa and Perugia, Italia itu ditunjukkan bahwa selain merindukan kita, perasaan rindu itu akan bertambah terus perlahan-lahan hingga kita pergi selama sekitar empat jam.

Karena itu, semakin lama kita pergi, anjing akan semakin bersemangat menyambut kita di rumah.

Dalam studinya, tim peneliti memanfaatkan 10 ekor anjing berumur satu hingga 11 tahun tanpa masalah keterikatan (attachment issues) dalam eksperimen itu. Ada tujuh anjing ras campuran, satu Labrador retriever, satu Hovawart, dan satu Chihuahua.

Baca juga: 10 Ras Anjing Bertubuh Besar yang Mudah Dilatih

Partisipan penelitian ini akan berjalan bersama anjing mereka ke sebuah area berpagar di mana mereka disambut oleh seorang peneliti yang mengecek detak jantung anjing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tes pertama, setelah para pemilik membawa anjing mereka ke area itu, mereka akan berbincang dengan seorang peneliti selama satu menit lalu pergi tanpa memberi perhatian khusus pada anjing.

Lalu pada tes kedua, pemilik anjing mengelus anjing mereka sambil berinteraksi dengan peneliti.

Di setiap tes, para pemilik anjing selalu meninggalkan anjingnya di area berpagar dan bersembunyi cukup jauh sehingga anjing tidak dapat mencium bau mereka.

Lalu, setelah pemiliknya pergi, para anjing akan mencari mereka selama sekitar tiga menit. Saat pemiliknya kembali, para peneliti kembali menghitung kadar hormon stres anjing serta detak jantung mereka.

Para peneliti menemukan bahwa terlepas dari dielus atau tidaknya anjing, kadar kortisol mereka tidak berubah. Kendati demikian, detak jantung mereka menunjukkan penurunan yang nyata jika pemiliknya mengelus mereka sebelum pergi.

Baca juga: 5 Cara Membuat Anjing Merasa Dicintai

Untuk membuktikannya kembali, para peneliti menonton video anjing-anjing itu dan menemukan bahwa anjing-anjing yang dielus juga menunjukkan terlihat lebih tenang lebih lama sambil menunggu pemiliknya kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Upworthy
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.