Kompas.com - 03/09/2021, 11:47 WIB
Ketahui tanda-tanda pembersih wajah yang dipakai tidak cocok. SHUTTERSTOCKKetahui tanda-tanda pembersih wajah yang dipakai tidak cocok.

KOMPAS.com - Langkah pertama menuju mendapatkan kulit yang sehat adalah membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari.

Sepanjang hari, kotoran dan minyak yang menyumbat pori dapat menumpuk di wajah kita. Jika diabaikan lama-kelamaan bisa memicu komedo dan jerawat.

Perlu diingat bahwa cleanser atau pembersih wajah yang tepat akan mengangkat kotoran dari kulit kita dan menjadi dasar untuk pelembab atau makeup.

Banyaknya jenis pembersih di pasaran membuat kita perlu mencari dan menemukan produk yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi kulit.

Sayangnya, itu juga berarti kita mungkin menggunakan pembersih yang tidak cocok atau mengandung bahan-bahan yang memang tidak tepat untuk kebutuhan kulit. 

Baca juga: Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kita menggunakan pembersih yang salah dan cara mengatasinya.

1. Kulit terasa kencang

“Jika kulit kita terasa kencang setelah dicuci, kemungkinan kita menggunakan pembersih yang salah,” kata Dr. Diane Madfes, Dermatologist Garnier Consulting.

Untuk jenis kulit kering atau sensitif, cobalah untuk mencari pembersih yang menghidrasi dan lembut, yang tidak mengandung alkohol, parfum, atau pewarna.

Kita bisa mencari pembersih dengan tekstur gel pendingin yang dapat menenangkan kulit saat dibersihkan, sehingga kita akan mendapatkan kulit yang terasa segar.

Baca juga: Pentingkah Pakai Toner Setelah Membersihkan Wajah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Garnier
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.