Kompas.com - 03/09/2021, 12:28 WIB
Foto ini diambil pada 3 September 2017 menampilkan Putri Mako dan kekasihnya Kei Komuro saat mengumumkan pertunangan mereka di Akasaka East Residence,Tokyo. AFP/SHIZUO KAMBAYASHIFoto ini diambil pada 3 September 2017 menampilkan Putri Mako dan kekasihnya Kei Komuro saat mengumumkan pertunangan mereka di Akasaka East Residence,Tokyo.

KOMPAS.com - Kisah percintaan bangsawan dengan rakyat jelata yang penuh dengan rintangan dan drama rupanya bukan fiksi belaka.

Romansa Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang sarat konflik mungkin adalah yang paling terkenal. Namun, Benua Asia juga punya cerita yang tak kalah menariknya dari Kekaisaran Jepang.

Plot serupa dialami oleh Putri Mako, keponakan Kaisar Naruhito, pimpinan monarki Jepang saat ini, yang berkeras menikahi kekasihnya, Kei Komuro.

Ia rela melepaskan status kerajaannya termasuk berbagai hak istimewanya demi menjadi istri pria yang dicintainya itu.

Baru-baru ini dikabarkan, ia juga akan menolak bantuan dana dari pemerintah Jepang sebesar 1,3 juta dollar AS atau setara dengan 18 miliar rupiah.

Dana yang berasal dari pajak rakyat itu memang secara tradisional diberikan kepada wanita kerajaan yang kehilangan status kerajaan mereka ketika mereka menikah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uang tersebut dimaksudkan untuk membantu memulai kehidupan barunya meski tak lagi berstatus bangsawan.

Sepertinya, wanita berusia 29 tahun itu bertekad untuk benar-benar hidup mandiri ketika sudah menikah nanti.

Imperial House Law tahun 1947 di Jepang memang mengharuskan seorang putri untuk meninggalkan keluarga kekaisaran setelah menikah dengan orang biasa.

Putri Mako dari Jepang, cucu tertua Kaisar Akihito. (AFP/Nelson Almeida) Putri Mako dari Jepang, cucu tertua Kaisar Akihito. (AFP/Nelson Almeida)
Putri Mako dan Kei Komuro disebut akan segera menikah dalam upacara sederhana sebelum akhir tahun 2021 ini. Setelah resmi berstatus suami istri, keduanya berencana untuk pindah ke Amerika Serikat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.