Kompas.com - 03/09/2021, 13:44 WIB
 Ilustrasi penggunaan skincare yang tepat. (Dok. Bioderma) Ilustrasi penggunaan skincare yang tepat.

KOMPAS.com - Hasil dari perawatan kulit memang tidak dapat dilihat dalam waktu satu malam, terlepas dari klaim produk tersebut.

Meskipun hasilnya tidak terlihat secara instan, kita bisa mendapatkan kulit yang bersih, bebas jerawat, terhidrasi, warna kulit lebih rata, jika kita rutin menggunakan skincare sesuai dengan urutan dan petunjuk produk.

Namun, berapa lama kita harus menggunakan suatu produk untuk mengetahui dan melihat hasilnya cocok atau tidak untuk kulit kita?

Dr. Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik mengatakan, secara umum perubahan pada kulit akan memakan waktu setidaknya satu bulan. Tetapi kita harus mengikuti rutinitas baru setidaknya selama tiga bulan untuk mengukur efektivitasnya.

“Ini memberikan tiga siklus pergantian epidermis, dan memungkinkan waktu yang cukup untuk memiliki kemungkinan efek biologis pada dermis, atau lapisan kedua kulit, jika ini adalah bagian dari efek yang diinginkan dari produk perawatan kulit yang sesuai,” jelasnya.

Baca juga: Mengapa Ada Produk Skincare Terasa Menyengat Setelah Dipakai?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dokter kulit bersertifikat Dr Michele Farber, hal yang sama berlaku untuk perawatan kulit dengan obat, seperti perawatan jerawat. Kita harus bersabar.

"Apa pun obat, bahkan jika dijual bebas, membutuhkan waktu untuk mempengaruhi pertumbuhan kulit dan memakan waktu beberapa minggu," kata Farber.

Dokter kulit bersertifikat Jennifer Chwalek, MD, setuju dan merekomendasikan untuk mengikuti rutinitas skincare selama 12 minggu atau lebih sebelum melihat hasilnya, terutama untuk mengatasi area kulit dengan garis-garis halus atau pigmentasi.

“Dalam jangka pendek, seseorang mungkin melihat kulit mereka terlihat tidak telalu kusam, lebih terhidrasi, dan lebih halus. Tetapi ketika sampai pada perbaikan garis-garis halus dan pigmen, itu mungkin memakan waktu lebih lama,” katanya.

Menurut Farber, pelembab adalah salah satu produk perawatan kulit yang akan memberikan hasil yang lebih cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.