Kompas.com - 31/08/2021, 09:52 WIB

KOMPAS.com - Bagi kita yang rutin mengaplikasikan produk skincare pada pagi atau malam hari, tentu kita mengharapkan kulit terasa kenyal dan halus setelah menggunakannya.

Beberapa formula, kemungkinan dapat meninggalkan sensasi menyengat setelahnya. Menurut para dokter kulit, ternyata pemicunya adalah kondisi kulit kita.

Nah, untuk lebih jelasnya ketahui apa penyebab timbulnya rasa menyengat atau perih selama proses aplikasi produk skincare, dan bagaimana membuat kulit kita terasa lebih baik lagi.

1. Skin barrier kita sedang berkompromi

Menurut Dr. Alexis Stephens, konsultan dermatologis, sensasi menyengat kemungkinan besar disebabkan oleh gangguan pada skin barrier atau lapisan pelindung kulit.

Kulit menjadi peka, yang seringkali merupakan akibat dari penggunaan produk yang keras secara berlebihan, seperti pengelupasan kimia dan asam atau retinoid, sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Skin Barrier dan Pengaruhnya pada Kesehatan Kulit

"Kulit kita dirancang sebagai penghalang pelindung untuk melindungi jaringan di bawahnya dari stres eksternal," kata doktr kulit Julie Russak.

Kulit memiliki beberapa lapisan. Lapisan atas adalah stratum korneum, lapisan cornified yang pada dasarnya adalah kumpulan sel-sel kering yang tidak lagi mengandung sitoplasma. Ketika lapisan ini terganggu, rasa menyengat akan terjadi.

"Ada juga kondisi kulit sensitif, seperti rosacea dan eksim, yang biasanya mengalami sensasi menyengat," kata Stephens.

"Kadang-kadang, sensasi menyengat itu disebabkan produk yang diaplikasikan memiliki pH sangat rendah, membuatnya sangat asam, seperti AHA tertentu (asam glikolat) atau bahkan vitamin C," imbuhnya.

Baca juga: Dapatkan Kulit Bersinar dan Sehat dengan Konsumsi Makanan Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.