Kompas.com - 07/09/2021, 12:08 WIB
Daniel Scali memecahkan rekor plank youtubeDaniel Scali memecahkan rekor plank
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Daniel Scali, pria asal Australia dengan penyakit langka CRPS (complex regional pain syndrome) berhasil memecahkan rekor dunia untuk plank terlama pada 6 Agustus 2021 di Adelaide.

Guinness World Records mencatat bahwa dia mampu melakukan plank dengan waktu sembilan jam 30 menit dan satu detik.

Catatan waktunya mengalahkan rekor sebelumnya yakni delapan jam 15 menit dan 15 detik yang dibuat pada Februari tahun lalu oleh mantan marinir George Hood, yang saat itu berusia 62 tahun.

Karena CRPS yang dideritanya, lengan kiri Scali hampir selalu kesakitan.

Bahkan untuk membuat rekor yang tampaknya mustahil, dia mengenakan pita kompresi di daerah lengannya guna meringankan beberapa ketidaknyamanan kronis yang dialami.

Baca juga: Perkuat Otot hingga Lenyapkan Nyeri, Kenali 6 Manfaat Latihan Plank

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika saya berusia 12 tahun, saya jatuh dari trampolin dan itu menyebabkan lengan kiri saya patah yang parah. Saya pun harus hidup dengan kondisi yang disebut CRPS," jelasnya kepada Guinness.

"Otak mengirim pesan yang salah ke lengan saya, yang merupakan area yang terkena CRPS. Jadi, sentuhan apa pun yang lembut seperti gerakan, angin, air, akan membuat saya sakit," ujar dia.

Setelah didiagnosis CRPS, Scali mencoba latihan kebugaran (khususnya plank) dalam upaya untuk mengelola toleransi rasa sakitnya.

Pada akhirnya, CRPS memotivasi dia untuk berusaha memecahkan rekor dengan harapan dia bisa menginspirasi orang lain yang mengalami rasa sakit yang sama untuk tetap mengejar tujuan mereka.

"Saya ingin membuktikan kepada orang-orang bahwa apa pun keadaan yang kita alami, apa pun hambatan rasa sakit yang  kita miliki, jika kita memusatkan pikiran dan yakin bisa melakukannya maka kita bisa mencapainya," imbuhnya.

Baca juga: Plank Selama 8 Jam Lebih, Pria 62 Tahun Sukses Bukukan Rekor Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.