Kompas.com - 08/09/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika mengalami masalah jerawat, kebanyakan orang langsung mencari cara menghilangkan jerawat agar lebih cepat hilang.

Namun, sekalipun jerawat sudah mereda, kita masih sering menemukan bekas jerawat hitam di wajah.

Meski kondisi ini kerap bikin frustrasi dan mengganggu kepercayaan diri, tapi masalah ini umum terjadi.

Sayangnya, meski bekas jerawat hitam dapat dihilangkan, American Academy of Dermatology Association (AAD) mengatakan, mungkin perlu beberapa bulan hingga bekas tersebut hilang.

Baca juga: 11 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Penyebab bekas jerawat hitam

Tindakan apa pun yang membuat peradangan kulit bertahan lebih lama, seperti memencet jerawat, dapat meningkatkan peluang mengalami hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau bekas jerawat hitam.PEXELS/ANNA NEKRASHEVICH Tindakan apa pun yang membuat peradangan kulit bertahan lebih lama, seperti memencet jerawat, dapat meningkatkan peluang mengalami hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau bekas jerawat hitam.
Menurut Healthline, jerawat adalah bentuk peradangan.

Saat kulit sembuh dan sel-sel kulit baru mulai terbentuk, ada kemungkinan sel-sel yang dikirim untuk membantu memulihkan kulit kita mengandung terlalu banyak melanin.

Ketika sel-sel tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya adalah bagian kulit yang lebih gelap. Ini disebut sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Tindakan apa pun yang membuat peradangan kulit bertahan lebih lama, seperti memencet jerawat, dapat meningkatkan peluang mengalami hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap secara alami juga lebih rentan terhadap kondisi ini.

Meski pemulihannya terbilang lama, namun bekas jerawat hitam di wajah akan lebih cepat disembuhkan daripada bekas luka jerawat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.