Kompas.com - 13/09/2021, 17:53 WIB
Ilustrasi teman shutterstockIlustrasi teman
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Memiliki banyak teman tentu menyenangkan. Sebab, selain membuar hidup kita lebih berwarna, banyak teman berpotensi menambah wawasan dan jaringan kita.

Namun, saking asiknya mencari dan menambah teman, kita sering tak menyadari bahwa ada beberapa teman yang perlu dijauhi karena membawa dampak negatif dan membuat beban hidup kita bertambah.

Tapi, teman seperti apa yang perlu dijauhi?

Nah, berikut ini ada daftar lima tipe teman yang harus dijauhi:

1. Teman yang suka menyaingi dan menjatuhkan

Menjadi kompetitif sebenarnya sehat dan bukan hal yang buruk. Namun, terkadang ada teman yang nampak bernafsu untuk selalu mengalahkan kita dalam segala hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita tentu tidak membutuhkan teman seperti itu, karena mereka hanya akan memberikan dampak negatif dalam hidup kita. Selain itu, tipe teman seperti ini bisa membuat kita kesal.

2. Teman yang selalu mengabaikanmu

Kita pasti memiliki teman yang mengajak kita untuk ikut dalam berbagai kegiatan. Sebaliknya, ada teman yang terlalu sering mengabaikan kita, bukan hanya sesekali saja.

Kita tidak memerlukan teman seperti ini, apalagi, jika alasannya untuk membatalkan sesuatu seakan tidak masuk akal, dan terlihat bahwa mereka hanya memanfaatkan kita saja di saat mereka perlu.

Baca juga: Ketahui, 5 Tanda Teman Tidak Dapat Dipercaya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.