Kompas.com - 15/09/2021, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Residu dari pemakaian deodoran, bercampur dengan keringat akan meninggalkan noda pada pakaian. Noda itu lebih terlihat pada pakaian berwarna gelap.

Mencuci dengan hidrogen peroksida sebenarnya cukup efektif untuk menghilangkan noda pakaian, namun lebih sulit pada noda di ketiak, malah dapat menyebabkan warna pakaian yang gelap memudar.

Untuk menghilangkan noda di bagian ketiak pakaian, kita bisa mencoba cara berikut:

Alat dan bahan:

  • Cuka putih suling
  • Air
  • Deterjen
  • Spons atau sikat berbulu lembut

Baca juga: Seberapa Perlu Produk Penghilang Noda Pakaian?

Cara melakukannya:

1. Campurkan satu bagian cuka dengan dua bagian air dalam wadah.

2. Singkirkan noda terlebih dahulu dengan cara mencelupkan spons atau sikat berbulu lembut ke dalam larutan dan sikat noda dengan lembut. Biarkan selama minimal 30 menit.

3. Kemudian rendam pakaian yang bermasalah ke dalam ember berisi larutan cuka agar noda benar-benar terendam. Biarkan pakaian terendam hingga 24 jam.

4. Keluarkan kemeja dari ember dan peras cairan berlebih dengan lembut.

5. Cuci kemeja dengan mesin cuci atau tangan dengan tangan.

6. Sekali lagi, karena adanya noda, kita kemungkinan memerlukan lebih dari satu kali perawatan. Setelahnya, keringkan pakaian dengan udara alami. Setelah kering, lihat kembali nodanya, apakah kita perlu mengulanginya kembali atau tidak.

Baca juga: Trik Mencuci Pakaian Olahraga agar Tetap Awet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.