Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 11:05 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hanya sedikit watchmaker yang menghadirkan iterasi film Batman ke dalam sebuah arloji, salah satunya Undone.

Pada 2019, merek pembuat jam kustom itu meluncurkan Batman Collection yang terdiri dari dua arloji khas untuk mewakili persona Bruce Wayne --sebagai pria kaya raya sekaligus superhero.

Satu tahun berselang koleksi bertajuk Batman Quantum Collection dirilis. Undone mengenalkan teknologi Quantum Radar serta bahan cangkang yang kuat dan tahan banting.

Kini, Undone kembali merilis koleksi bertemakan Batman untuk kali ketiga yang diberi nama "The Dark Knight Retrospective".

Undone The Dark Knight Retrospective Collection Undone The Dark Knight Retrospective Collection
Tema inti dari koleksi ini adalah pertarungan antara Batman dengan The Riddler di film "The Batman" yang dijadwalkan akan rilis pada Maret 2022.

Pada film Batman yang baru itu, karakter Batman diperankan Robert Pattinson, sementara Paul Dano berperan sebagai The Riddler.

Namun menyoal desain jam tangan, Undone juga mengambil referensi dari Batmobile yang terdapat di film Batman era 1960-an.

Batmobile itu pada dasarnya merupakan Ford Lincoln Futura 1955 yang dimodifikasi dan diberi kaca depan anti-peluru untuk kebutuhan film.

Oleh Undone, kaca depan anti-peluru itu diterjemahkan dalam bentuk lensa kubah kaca (glass vault lens) anti-reflektif yang melindungi bagian dial.

Undone The Dark Knight RetrospectiveUndone Undone The Dark Knight Retrospective
Tampilan dial jam tangan dibikin menyerupai Detect-A-Scope, radar yang berada di dasbor Batmobile.

Teknologi Detect-A-Scope ini digunakan oleh Batman ketika ia mengendarai Batmobile untuk memantau pergerakan musuh.

Satu hal yang menakjubkan, pengguna dapat melihat gerakan mesin jam secara jelas karena bagian dial dibuat tembus pandang (skeleton).

Bagian cangkang yang dikelir hitam dibalut oleh cincin aluminium berwarna merah, merujuk pada garis-garis merah yang terdapat di Batmobile.

Jam tangan ini dilapisi material diamond-like carbon (DLC) untuk memerlihatkan permukaan yang mulus dan tangguh layaknya eksterior kendaraan sang superhero kelelawar.

Undone The Dark Knight RetrospectiveUndone Undone The Dark Knight Retrospective
Jika pengguna memakai jam tangan ini di ruangan yang gelap, maka berbagai ikon tanda tanya "?" akan menyala di bagian dial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com