Kompas.com - 20/09/2021, 12:12 WIB
Pencarian tentang harapan cukup tinggi di masa pandemi Covid-19. PIXABAYPencarian tentang harapan cukup tinggi di masa pandemi Covid-19.

KOMPAS.com – Jadwal yang padat mungkin akan membuat kita kewalahan dan tidak bahagia. Kendati demikian, fakta membuktikan bahwa terlalu banyak waktu luang rupanya akan memberikan efek yang sama.

Hal itu dibuktikan dari survei terbaru yang menganalisa data dari dua survei besar terkait bagaimana orang Amerika menghabiskan waktu mereka.

Hasilnya, survei yang diikuti lebih dari 35.000 responden itu menemukan bahwa memiliki cukup banyak waktu luang memang lebih bahagia. Namun, waktu luang yang terlalu banyak justru menghasilkan dampak negatif.

Mereka yang hanya memiliki dua hingga tiga jam waktu luang per harinya rupanya memang merasa lebih bahagia dibanding yang hanya memiliki sedikit waktu luang.

Namun, mereka yang memiliki waktu luang sebanyak lima jam atau lebih umumnya mengatakan bahwa mereka merasa lebih buruk.

Baca juga: Nikmati Waktu Luang, Baik untuk Kesehatan Mental

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, penemuan itu menyimpulkan bahwa waktu luang terbaik hanya sekitar dua sampai tiga jam saja per harinya.

“Memiliki waktu luang sempit memang buruk, namun terlalu banyak pun tidak lebih baik,” ujar Marissa Sharif, seorang asisten professor pemasaran di The Wharton School yang juga merupakan peneliti utama dalam penelitian tersebut.

Cara menghabiskan waktu luang sangat berpengaruh pada kebahagiaan

Tentu kebanyakan orang paham bahwa terlalu sibuk dapat mengakibatkan stres. Kendati demikian, penelitian ini bukan satu-satunya yang mempertanyakan apakah banyak waktu luang dapat membuat orang-orang bahagia atau tidak.

Bahkan, banyak peneliti mengatakan bahwa beberapa orang dewasa mengalami “retirement blues,” alias kesedihan akibat pensiun, yang bisa diakibatkan karena kurangnya stimulasi dan struktur kerja.

Karena itu, penelitian ini juga menganalisa bagaimana orang-orang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan beberapa eksperimen daring kecil.

Baca juga: 7 Cara Mudah Sehat dan Bugar, Cocok untuk Kaum Mager

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.