Kompas.com - Diperbarui 22/10/2021, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan minum minuman manis dapat berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika dipadukan dengan pola hidup kurang gerak dan banyak rebahan (sedentary).

Terlalu banyak minum minuman manis, seperti boba, es kopi susu tinggi gula, atau minuman kemasan, dapat meningkatkan risiko terkena sejumlah penyakit, termasuk diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Banyak pencinta minuman manis yang sebetulnya sadar dengan hal itu, namun tetap menggemarinya. Minuman manis memang terasa nikmat, apalagi jika kita mengonsumsinya dalam kondisi dingin ketika cuaca sedang panas.

Banyak orang mengabaikan kebiasaan buruk ini karena efeknya tak langsung terlihat.

"Efek kesehatan tersebut tidak langsung terlihat. Makan banyak hari ini besok langsung kejadian, enggak. Butuh waktu lama yang secara kronik atau bertahun-tahun," ungkap dr Raissa Edwina Djuanda, MGizi, SpGK kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Gejala baru dapat terlihat ketika kita sudah terkena penyakit tertentu akibat terlalu banyak minum minuman manis.

Misalnya, seseorang yang terkena diabetes dapat mengalami gejala awal seperti banyak makan dan minum, serta banyak buang air kecil.

Orang tersebut juga mungkin mudah sekali merasakan haus.

"Jadi memang harus waspada kalau kita jadi gampang banget haus, minumnya jadi banyak banget, gampang lapar, ditambah buang air kecil juga banyak," tuturnya.

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

Ancaman penyakit

Kebiasaan minum minuman manis seiring waktu dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.SHUTTERSTOCK Kebiasaan minum minuman manis seiring waktu dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.
Kebiasaan minum minuman manis seiring waktu dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.