Kompas.com - Diperbarui 23/09/2021, 06:43 WIB
Sarapan untuk diet yang ideal terdiri dari kombinasi makanan tinggi protein, rendah lemak tak sehat, kaya serat, dan rendah kalori. SHUTTERSTOCKSarapan untuk diet yang ideal terdiri dari kombinasi makanan tinggi protein, rendah lemak tak sehat, kaya serat, dan rendah kalori.

KOMPAS.com - Salah satu strategi terbaik untuk diet dan memulai hari adalah memilih menu sarapan pagi yang tepat dan sehat.

Menurut MedicineNet, ada ilmu sederhana di balik diet, yakni makan lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar sepanjang hari.

Jadi, untuk menurunkan berat badan, apa yang kita makan sepanjang hari menjadi penting, bukan hanya menu sarapan pagi.

Tapi, makan sarapan pagi dengan lebih banyak sumber protein membantu kita selangkah lebih dekat menuju target berat badan ideal.

Penelitian telah melaporkan bahwa mengonsumsi 30 gram protein saat sarapan akan membuat kita lebih kenyang dan tidak terlalu lapar sepanjang hari. Pada akhirnya, kita akan lebih mampu mengontrol asupan makan di waktu berikutnya dan terhindar dari perilaku makan berlebih.

Kecuali kita sedang menerapkan diet rendah karbohidrat, menu sarapan pagi idealnya menyediakan nutrisi seimbang dari makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, roti gandum atau sereal gandum utuh, serta sumber protein.

Baca juga: Sarapan yang Baik Sebaiknya Jam Berapa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menu sarapan untuk diet

Telur adalah salah satu menu sarapan untuk diet yang baik karena tinggi protein.PIXABAY/NEMOELGUEDES Telur adalah salah satu menu sarapan untuk diet yang baik karena tinggi protein.
Berikut sejumlah menu sarapan untuk diet yang terdiri dari makanan tinggi protein, rendah lemak tak sehat, kaya serat, dan rendah kalori yang mudah didapatkan:

1. Telur

Melansir Eat This Not That, telur kaya akan protein. Dua butir telur ukuran besar mengandung sekitar 12 gram protein.

Menurut ahli gizi teregistrasi, Martha McKittrick, RD, CDN, CDE, telur tak hanya sebagai sumber protein yang baik tetapi juga mengandung nutrisi lainnya, termasuk kolin, yang membantu pembakaran lemak.

Kolin, yang juga ditemukan di dalam daging tanpa lemak dan makanan laut, menyerang mekanisme gen yang memicu tubuh untuk menyimpan lemak di sekitar hati.

Baca juga: 7 Manfaat Sarapan Telur yang Sayang Dilewatkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.