Kompas.com - 04/10/2021, 14:50 WIB

KOMPAS.com - Xerostomia merupakan suatu keadaan di mana kita bangun tidur dalam keadaan mulut terasa begitu kering. 

Mulut kering terjadi ketika kita tidak menghasilkan cukup air liur. Tetapi, kekurangan air liur ini biasanya merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan lainnya.

Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, periodontist, ahli mikrobiologi, dan ketua biologi oral di University at Buffalo School of Dental Medicine menyebut penyebab dan cara mengatasi mulut kering.

Baca juga: 6 Penyebab Mulut Kering pada Penderita Diabetes dan Cara Mengatasinya

1. Dehidrasi

Seringkali, mulut kering merupakan indikasi bahwa seluruh tubuh membutuhkan lebih banyak cairan.

"Saat mengalami dehidrasi, tandanya kita tidak memiliki cukup cairan untuk menghasilkan air liur, yang hampir seluruhnya terdiri dari air," kata Scannapieco.

Diketahui, air liur terdiri dari 99 persen H2O atau air. Jadi, jika tidak cukup minum sepanjang hari, kita mungkin mengalami dehidrasi dan mulut kering di pagi hari.

2. Bernapas melalui mulut 

"Jika kita tidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering, terutama jaringan yang paling dekat dengan bibir," kata Scannapieco.

Pernapasan melalui mulut sangat umum terjadi ketika kita sedang sesak.

Hidung tersumbat membuat kita sulit bernapas melalui lubang hidung, jadi untuk mengimbanginya kita bernapas melalui mulut.

3. Sleep apnea

Jika kita merupakan seorang pendengkur kronis yang bangun dengan mulut kering setiap hari, bisa jadi sleep apnea penyebabnya.

Baca juga: 9 Cara Mudah Meredakan Mulut Kering

Halaman:
Sumber Livestrong


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.