Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2021, 11:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Manfaat minyak zaitun tak cuma bisa didapatkan dengan mengonsumsinya saja, tetapi juga bermanfaat bagi kulit wajah.

Menurut Verywell Health, minyak zaitun adalah minyak kaya nutrisi yang terbuat dari perasan buah zaitun.

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan antioksidan, yang dapat bermanfaat bagi kulit ketika dioleskan langsung.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah termasuk meningkatkan kelembapan kulit, memberikan efek anti-penuaan, membantu mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dan lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah, kita bisa mengaplikasikannya sendiri atau mencari produk perawatan kulit yang mengandung minyak zaitun, seperti pembersih wajah atau losion.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Beberapa potensi manfaat minyak zaitun untuk wajah antara lain:

1. Minyak zaitun kaya akan antioksidan

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi.FREEPIK/MASTER1305 Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi.
Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

Menurut Medical News Today, minyak zaitun antioksidan dalam minyak zaitun dapat mencegah oksidasi.

Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, antioksidan dapat mencegah penuaan dini.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit setelah terpapar sinar matahari dapat membantu melawan sel-sel penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) berbahaya.

Pertumbuhan tumor lebih rendah secara signifikan pada tikus yang pada kulitnya diaplikasikan minyak zaitun dibandingkan dengan tikus yang tidak.

Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian terkait hal ini untuk memahami efek sifat antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

Baca juga: Jenis-Jenis Antioksidan dan Manfaatnya bagi Tubuh

2. Minyak zaitun mengatasi masalah kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah membantu mencegah penuaan dini.FREEPIK/COOKIE_STUDIO Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah membantu mencegah penuaan dini.
Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah membantu mengatasi masalah kulit.

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini mungkin dapat memberikan manfaat lebih bagi kulit, termasuk mengurangi stres oksidatif pada kulit, sehingga mencegah penuaan dini, dan membantu mengatasi masalah kulit tertentu.

Misalnya, penggunaan minyak vitamin E secara topikal sudah sejak lama membantu mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Baca juga: 7 Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Penuaan Dini

3. Minyak zaitun melembapkan kulit

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sudah cukup populer adalah sebagai pelembap .PEXELS/KOOLSHOOTERS Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sudah cukup populer adalah sebagai pelembap .
Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sudah cukup populer adalah sebagai pelembap yang kerap digunakan untuk kulit dan rambut. Meskipun, menurut Medical News Today, penelitian yang mengungkapkan efektivitasnya masih sangat sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com