Kompas.com - 08/10/2021, 17:58 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pekerja Rumah Tangga (PRT) menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Itulah mengapa banyak rumah tangga yang mempekerjakan PRT.

Namun tak mudah mencari PRT. Ada banyak drama yang mengitarinya. Mulai dari PRT yang tak balik lagi setelah pulang kampung, PRT nakal yang kerja semaunya, bahkan sampai berbohong perkara pekerjaannya. Lebih parah ada PRT yang mencuri di tempat kerjanya.

Nah untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Co-Founder sekaligus CEO YourPartner, Fahmy Ramadhan membagikan lima tips cara memilih PRT atau Asisten Rumah Tangga (ART) tanpa drama. Yuk simak:

1. Kriteria PRT

Seperti memilih pasangan, tentunya Anda memiliki kriteria PRT idaman. Misalnya karakter atau skill PRT tersebut harus bagaimana. Langkah awal ini menjadi dasar dalam tips merekrut partner rumah tangga.

2. Budget

Setelah menentukan kriteria yang sesuai, mulailah melihat kondisi keuangan rumah tangga. Mahal atau murah itu relatif, namun yang terpenting adalah kenyamanan dan kecocokan.

Selama tidak melebihi batas kemampuan keuangan, carilah yang sesuai antara harga dan kebutuhan.

3. Latar belakang calon PRT

Pengalaman kerja dan latar belakang menjadi sebuah poin yang harus dipertimbangkan, karena bagaimanapun calon partner Anda terbentuk dari pengalaman dan latar belakang yang telah dialami dalam hidupnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.