Kompas.com - 13/10/2021, 15:22 WIB
Tak sedikit orang yang terlalu asyik menggunakan gawainya sehingga fungsi kehidupannya terganggu. Penting untuk menerapkan pembatasan demi mencapai kesejahteraan digital. UNSPLASH/NORDWOOD THEMESTak sedikit orang yang terlalu asyik menggunakan gawainya sehingga fungsi kehidupannya terganggu. Penting untuk menerapkan pembatasan demi mencapai kesejahteraan digital.

KOMPAS.com - Kehadiran alat digital dapat membantu kita menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih efisien, dan membuat hidup kita lebih mudah secara keseluruhan. Kemudahan akses membuat kita punya ruang untuk fokus pada hal lain yang lebih penting.

Sayangnya, teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu. Tak sedikit orang yang terlalu asyik menggunakan gawainya sehingga fungsi kehidupannya terganggu.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, Google membagikan beberapa tips menjaga kesejahteraan digital yang dapat kita praktikkan lewat ponsel, demi menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam penggunaan teknologi.

Baca juga: Kenali, Tanda-tanda Sudah Kecanduan Ponsel

Lebih sadar dalam menggunakan teknologi

Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.DOK GOOGLE Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.
Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.

Melalui ponsel, kita bisa mengecek beberapa informasi seperti berapa lama kita menggunakan ponsel dan seberapa sering kita menggunakan berbagai aplikasi.

Beberapa pengaturan yang dapat diterapkan, antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menggunakan fitur timer di ponsel

Setelah mengetahui berapa lama kita mengakses ponsel dan beberapa aplikasi, kita dapat mengatur batas waktu pemakaian dengan fitur timer di ponsel.

Dengan begitu, setelah kita mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap.

"Jadi, Anda hanya akan menghabiskan waktu yang Anda inginkan, tepat di waktu yang Anda inginkan," tulis Google, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

  • Mengatur mode waktu tidur di ponsel

Penggunaan teknologi yang berlebihan juga bisa menyebabkan waktu tidur seseorang terganggu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.