Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2021, 19:36 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

KOMPAS.com- Jaringan penjualan makanan cepat saji asal Amerika Serikat, Subway kembali hadir di Indonesia, setelah sekian tahun silam pernah hadir di Tanah Air.

Ya, Subway sebelumnya pernah hadir di Indonesia pada tahun 1990-an, namun tutup pada awal 2000-an.

Kali ini, Subway hadir kembali dengan menggandeng Map Boga Adiperkasa (MBA), sebagai bagian dari upaya Subway untuk melebarkan pasar di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: 5 Menu Sandwich Subway Paling Populer Ada di Citos, Apa Saja?

Kamis (14/10/2021) menjadi catatan sejarah kehadiran kembali Subway lewat gerai pertama mereka di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

"Di sini yang pertama, lalu kami akan hadir di beberapa tempat lainnya nanti, antara lain di seputar Kuningan, BSD, dan PIK," kata Anthony Cottan kepada Kompas.com.

Anthony Cottan adalah President Director untuk PT Map Boga Adiperkasa Utama Tbk, yang hadir dalam acara exclusive preview, sebelum Subway dibuka untuk umum pada Jumat (15/10/2021) besok.

Anthony Cottan (kiri), President Director PT Map Boga Adiperkasa Utama Tbk, yang hadir dalam acara exclusive preview Subway di Cilanda Town Square, Jakarta, menerima sandwich di acara exclusive preview, Kamis (14/10/2021).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Anthony Cottan (kiri), President Director PT Map Boga Adiperkasa Utama Tbk, yang hadir dalam acara exclusive preview Subway di Cilanda Town Square, Jakarta, menerima sandwich di acara exclusive preview, Kamis (14/10/2021).

"Kami memilih Citos, karena hubungan kami dekat dengan manajemen Citos, banyak outlet milik kami ada di sini," kata Cottan lagi.

MBA akan membawahi PT Sari Sandwich Indonesia, selaku pengelola Subway. MBA yang selama ini dikenal dengan jaringan outlet berbagai brand restoran, ada milik Mitra Adiperkasa (MAP).

Baca juga: Instagram Subway Indonesia Kebanjiran Follower, Colek Akun Prank

MBA memiliki lebih dari 590 gerai di 33 kota di Indonesia yang mengoperasikan merek ternama seperti Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, dan masih banyak lagi.

Sementara, MAP mengoperasikan lebih dari 2.300 outlet retail di 79 kota di Indonesia. Nama-nama beken seperti Marks & Spencer, Sephora, Converse, dan Onitsuka Tiger adalah bagian dari grup ini.

Dengan pengalaman dan kekuatan itu, tak heran jika Cottan mengaku optimistis dengan perkembangan bisnis Subway di Indonesia.

"Subway Indonesia akan sukses dan berkembang," seru dia saat memberikan sambutan pada pembukaan acara.

Menurut Cottan, nantinya restoran yang terkenal dengan suguhan sandwich besar tersebut akan beroperasi mulai pukul 07.00 pagi di Citos.

Gerai pertama Subway resmi dibuka pada Kamis (14/10/2021). Seluruh staf yang melayani pelanggan selalu dibekali dengan perlengkapan standar, salah satunya adalah sarung tangan plastik, demi kebersihan makanan untuk konsumen. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Gerai pertama Subway resmi dibuka pada Kamis (14/10/2021). Seluruh staf yang melayani pelanggan selalu dibekali dengan perlengkapan standar, salah satunya adalah sarung tangan plastik, demi kebersihan makanan untuk konsumen.

"Tapi untuk besok (Jumat) kami baru akan beroperasi untuk pelanggan mulai pukul 12.00," sebut dia.

Baca juga: 10 Sandwich Terkenal dari Subway, Simak Dulu Sebelum Pesan

"Semuanya siap melayani antrean mulai besok," kata Cottan lagi.

Sementara itu, Silvia Muryadi selaku Head of Marketing PT SSI yang menaungi Subway menyebut, hampir semua menu andalan yang ada di Subway mancanegara, ada di outlet ini.

"Jadi enggak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri lagi untuk menikmati Subway," begitu kira-kira penuturan Silvia kepada undangan yang hadir sore tadi.

So, buat kamu yang sudah rindu dengan "submarine sandwich" khas Subway, bisa meluncur ke Citos mulai besok siang. Yuk...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com