Kompas.com - 28/10/2021, 10:52 WIB
Ilustrasi anjing berenang SHUTTERSTOCK/Wasitt HemwarapornchaiIlustrasi anjing berenang
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anjing memang dikenal sebagai salah satu hewan yang sangat suka makan. Namun, memanjakan anjing peliharaan kita dengan memberikan makanan terlalu banyak bisa membuatnya obesitas.

Sama halnya seperti manusia, anjing yang obesitas juga rentan terkena penyakit, seperti radang sendi, penyakit jantung, dan mungkin penyakit kronis lainnya.

Namun, jangan khawatir. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik bisa mengurangi masalah obesitas dan membuat anjing peliharaan kita menjadi lebih bugar.

Nah, untuk mengetahui aktivitas fisik apa saja yang dapat kita lakukan bersama dengan anjing peliharaan, simak delapan rekomendasinya berikut ini.

1. Berjalan kaki

Jalan cepat adalah latihan yang ideal untuk manusia dan anjing. Manfaatnya termasuk membuat jantung lebih kuat, tekanan darah lebih rendah, lebih banyak energi, tulang lebih padat, dan risiko depresi lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada anjing, jalan kaki secara teratur juga dapat mengurangi masalah perilaku. Namun, tidak ada aturan yang ditetapkan tentang seberapa jauh atau berapa lama seekor anjing harus berjalan.

Untuk memastikannya kita perlu membawa anjing ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dan mengetahui program olahraga apa saja yang sebaiknya dlakukan.

2. Menari

Jika berjalan kaki nampaknya tidak begitu menarik perhatian, cobalah untuk menari bersama dengan anjing peliharaan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD Pets
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.