Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2021, 10:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber WebMD Pets

KOMPAS.com - Anjing memang dikenal sebagai salah satu hewan yang sangat suka makan. Namun, memanjakan anjing peliharaan kita dengan memberikan makanan terlalu banyak bisa membuatnya obesitas.

Sama halnya seperti manusia, anjing yang obesitas juga rentan terkena penyakit, seperti radang sendi, penyakit jantung, dan mungkin penyakit kronis lainnya.

Namun, jangan khawatir. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik bisa mengurangi masalah obesitas dan membuat anjing peliharaan kita menjadi lebih bugar.

Nah, untuk mengetahui aktivitas fisik apa saja yang dapat kita lakukan bersama dengan anjing peliharaan, simak delapan rekomendasinya berikut ini.

1. Berjalan kaki

Jalan cepat adalah latihan yang ideal untuk manusia dan anjing. Manfaatnya termasuk membuat jantung lebih kuat, tekanan darah lebih rendah, lebih banyak energi, tulang lebih padat, dan risiko depresi lebih rendah.

Pada anjing, jalan kaki secara teratur juga dapat mengurangi masalah perilaku. Namun, tidak ada aturan yang ditetapkan tentang seberapa jauh atau berapa lama seekor anjing harus berjalan.

Untuk memastikannya kita perlu membawa anjing ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dan mengetahui program olahraga apa saja yang sebaiknya dlakukan.

2. Menari

Jika berjalan kaki nampaknya tidak begitu menarik perhatian, cobalah untuk menari bersama dengan anjing peliharaan kita.

Kita juga bisa dengan bebas membuat koreografi saat menari dengan musik yang ceria.

Dengan menari, kita akan membuat anjing berlatih melakukan trik, gerakan unik, maupun latihan aerobik.

Menari pun memiliki banyak manfaat, termasuk membakar kalori dan mengembangkan stamina, keseimbangan yang lebih baik, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan tonus otot dan kepadatan tulang.

Baca juga: 7 Jenis Anjing Ras yang Mudah Dirawat, Sudah Tahu?

Ilustrasi.PIXABAY/ FOUNDRY CO Ilustrasi.
3. Jogging

Tidak semua anjing diciptakan untuk berlari. Anjing Greyhound, misalnya, jago dalam sprint jarak pendek, tetapi bisa lelah saat berlari jarak jauh.

Halaman:
Sumber WebMD Pets
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com